LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mengajukan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kepada pihak Legislatif untuk dibahas dan ditetapkan sebagai Perda.

Ketiga Raperda itu, diantaranya Raperda tentang Hari Jadi Lotim, Raperda tentang lain-lain Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sah dan Raperda tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan.

Pengajuan tiga Raperda itu disampaikan pada siding paripurna DPRD Lotim yang dipimpin Ketua DPRD Lotim, Hj Siti Rohmi Djalillah dan didampingi tiga wakil ketua DPRD Lotim, Kamis (07/3).

Hadir pada sidang paripurna itu, Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup
Pemkab Lotim.

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy mengatakan, ketiga Raperda yang diajukan eksekutif kepada legislatif itu, untuk dibahas dan ditetapkan menjadi sebuah Perda yang memiliki kekuatan hukum kuat. Dengan begitu, Perda tersebut nanti akan memiliki arti yang sangat penting bagi kemajuan pembangunan di daerah ini.

‘’Raperda yang kami ajukan itu, nanti akan menjadi tambahan payung hukum yang telah ada di Lotim untuk dilaksanakan kepada masyarakat Lotim,’’ katanya.

Raperda tentang Hari Jadi Lotim, kata Sukiman Azmy, sangat penting dan harus ada. Karena, dengan adanya Hari Jadi Lotim itu, akan memberikan semangat yang tinggi bagi masyarakat setempat dalam membangun daerahnya ke arah yang lebih baik.
Terutama dalam menyukseskan berbagai macam program pembangunan yang dijalankan Pemkab untuk kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat menuju adil dalam kesejahteraan dan sejahtera dalam keadilan.

Terkait dua Raperda lainnya, yakni Raperda tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dan Raperda tentang lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang sah. Ini dititik tekankan pada prinsip efisiensi dalam peningkatan pertumbuhan perekonomian yang ada kearah yang lebih baik, termasuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.(sr)