DITERTIBKAN: Salah satu baliho pasangan cagub/cawagub NTB yang ditertibkan tim gabungan Pemkot Mataram.

DITERTIBKAN: Salah satu baliho pasangan cagub/cawagub NTB yang ditertibkan tim gabungan Pemkot Mataram.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Tim gabungan Pemerintah Kota Mataram, Senin (08/4), menertibkan atribut kampaye calon gubernur dan wakil gubernur NTB. Peneritaban dilakukan karena atribut kampaye dinilai melanggar aturan.

Berdasarkan surat edaran KPU Propinsi NTB, kampanye Pemilukada gubernur/wakil gubernur NTB dimulai pada 26 April-9 Mei 2013.

Penertiban yang dilakukan tim gabungan yang terdiri dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Satpol PP,  Komisi Pemilihan Umum dari Devisi Hukum, dan Panitia Pengawas Pemilu Kota Mataram, menyisir sejumlah jalan di Kota Mataram, diantaranya Jalan Udayana, Jalan Pendidikan, Jalan  Suprapto, Jalan Panjitilar Negara, Jalan Swasembada, Jalan Majapahit hingga ke kawasan Cakranegara.

Dari penertiban itu, Kasi Operasional dan Pengendalian Satpol PP Kota Mataram, Bambang EYD mengatakan, pihaknya berhasil menertibkan tidak kurang dari 20 unit baliho, banner dan spanduk para calon. ‘’Hasil penertiban, kita simpan di kantor Satpol PP. Langkah selanjutnya akan kami koordinasikan dengan Panwaslu,’’ katanya.

Menurutnya, penertiban yang dilakukan saat ini, berdasarkan kesepakatan. Sebab, sebelumnya sudah ada kesepakatan antara KPU NTB dengan tim pemenangan calon yang menyetujui akan menertibkan atributnya sendiri-sendiri dengan batas akhir pada Sabtu pekan lalu. Tapi, hingga pagi tadi masih ada tim pemenangan yang belum menurunkan atribut calonnya.

‘’Atribut yang kita tertibkan adalah atribut yang berada di lokasi umum, bukan di posko-posko pemenangan,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Mataram, H Bondan Wisnujati yang ikut turun memantau proses penertiban mengatakan, untuk baliho-baliho berukuran ‘raksasa’, pihaknya terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan Kota Mataram. ‘’Hal itu terkait dengan perijinan. Penertiban ini akan kita lakukan secara bertahap,’’ katanya.(ar)