MATARAM, Lomboktoday.co.id—Komitmen Pemerintah Kota Mataram untuk terus meningkatkan perhatian dan pelayanan kepada para Tamu Allah, maka Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Mataram musim haji 2013 mendapat berbagai fasilitas gratis dari Pemkot Mataram.

Selain bimbingan manasik haji gratis yang sudah setiap tahunnya dilaksanakan. Para JCH tahun ini juga mendapatkan perlengkapan keberangkatan haji meliputi, alas kaki, seragam (baju dan bawahan) serta topi/jilbab untuk semua jamaah. Selain itu, JCH juga diberikan pelayanan gratis untuk imunisani meningitis dan imunisasi influenza.

Sebelum membuka secara resmi bimbingan manasik haji gratis di Aula Lantai III Kantor Walikota Mataram, Rabu (22/5), Walikota Mataram, H Ahyar Abduh menyerahkan secara simbolis bingkisan kepada JCH.

Sementara pembukaan bimbingan manasik haji gratis itu dihadiri oleh semua JCH asal Kota Mataram sebanyak 442 orang dari enam kecamatan se-Kota Mataram, pimpinan DPRD Kota Mataram, kepala Kantor Kementrian Agama Kota Mataram, para pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram serta seluruh jajaran pejabat lingkup Pemkot Mataram.

Dalam arahannya, Walikota Mataram, H Ahyar Abduh mengatakan, berangkat haji, bukan sekadar berangkat seperti ke negara-negara lainnya. Tapi, berhaji adalah berangkat untuk menjalankan ibadah dan rukun Islam ke-lima. ‘’Karenanya, niat harus benar-benar baik, dan melaksanakan ibadah untuk meraih prestasi dan prestise Haji Mabrur,’’ kata Walikota Mataram, H Ahyar Abduh di hadapan ratusan JCH Kota Mataram.

Karena itu, persiapan material, Insya Allah semua jamaah sudah mampu. Selain itu, persiapan fisik jangan dilupakan. Artinya, JCH harus tetap menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan khusuk. Persiapan yang tidak kalah penting adalah bekal ilmu untuk melaksanakan ibadah haji, yakni semua manasik haji harus dikuasai JCH. ‘’Jika semua JCH asal Kota Mataram mendapat haji mabrur, Insya Allah Kota Mataram akan selalu aman, kondusif dan sejahtera,’’ ungkapnya.

Walikota juga tidak lupa mengingatkan kepada JCH agar selalu bersabar terhadap kondisi apapun selama dalam proses ibadah haji. Apapun yang terjadi, jangan sampai JCH melakukan tindakan-tindakan yang tidak diinginkan. Jika ada masalah, sebaiknya dikoordinasikan kepada pendamping. ‘’Ingat, JCH Kota Mataram harus jadi contoh jamaah dari daerah lainnya,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua IPHI Kota Mataram, H Hasbah mengatakan, bimbingan manasik haji gratis terhadap 442 JCH akan dimulai Sabtu pekan ini, pada empat masjid yakni Masjid di Polda, Karang Pule, Karang Baru dan Masjid Nurul Mutaqin Cakranegara. Bimbingan manasik diberikan dua kali seminggu setiap hari Rabu dan Sabtu hingga 13 kali pertemuan, meliputi bimbingan teori dan praktek di Asmana Haji Jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram.

Bimbingan manasik haji gratis ini untuk memberikan bekal pengertian, pemahaman dan pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah haji, baik secara teori maupun praktek, sekaligus memupuk kekompakaan JCH. ‘’Semua proses bimbingan manasik haji ini gratis, karena pembiayaan sepenuhnya ditanggung Pemkot Mataram bekerjasama dengan DPD IPHI,’’ katanya.(ar)