Kepala SMKPPN Mataram, H Musta’in.

Kepala SMKPPN Mataram, H Musta’in.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Para siswa-siswi kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMKPPN) Mataram, selain melaksanakan praktek kerja industri (Prakerin) di dalam daerah, juga dilaksanakan di luar daerah, seperti Bali dan Jawa Timur (Jatim).

‘’Yang prakerin di luar daerah itu, adalah siswa-siswi kami yang kelas XI, mereka melaksanakan prakerin selama tiga bulan,’’ kata Kepala SMKPPN Mataram, H Musta’in kepada Lomboktoday.co.id, di ruang kerjanya.

Mustain mengatakan, pada tahun ajaran 2013 ini, siswa-siswi kelas XI SMKPPN Mataram berencana untuk melaksanakan prakerin di kawasan perkebunan kelapa sawit yang ada di Kalimantan. Prakerin ini, menurut Musta’in, menjadi keharusan bagi siswa-siswi untuk melaksanakannya, agar siswa-siswi bersangkutan dapat membandingkan antara teori yang diperoleh dari sekolah dengan kenyataan di lapangan atau industri, terutama berkaitan dengan mental kerja atau sikap, pengetahuan dan keterampilan khusus (skill).

‘’Jadi, sesuai konsep pendidikan SMK, umumnya siswa itu diharapkan siap berkerja setelah mereka tamat dari sekolah,’’ ungkapnya.

Mustain menjelaskan ada program keahlian yang dibuka di SMKPPN Mataram ini, meliputi; Penyuluhan Pertanian, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribisnis Perikanan, Agribisnis Ternak Ruminansia, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Kehutanan, Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman, serta Tekonologi Pengolahan Hasil Pertanian.

‘’Di SMKPPN Mataram ini tempat mendidik calon tenaga menenang terampil di bidang pertanian dalam arti luas, bidang perikanan, peternakan dan kehutanan untuk mengisi kebutuhan SDM baik di instansi pemerintah (sebagai teknisi pertanian, penyuluhan, pengamat hama penyakit, pengawas benih, petugas pengendali hama penyakit ikan, hewan dan tumbuhan), karyawan di perusahaan maupun sebagai wirausaha muda bidang agribisnis pertanian sesuai dengan tuntutan masyarakat,’’ ujarnya.

Bahkan, lanjut Musta’in, bagi lulusan/alumni SMKPPN Maram yang berminat untuk mengelola suatu usaha agribisnis pertanian, perikanan, peternakan dan pengolahan hasil pertanian dan usaha lainnya, dapat memperoleh modal usaha melalui Unit Produksi dan Tim Pemberdayaan Alumni.(ar)

Incoming search terms:

  • smk pp negeri mataram