LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pada penilaian lomba Adipura tahun 2013 ini, Kabupaten Lombok Timur dan Kota Mataram diprediksi bakal memperoleh penghargaan di bidang kebersihan dari Pemerintah Pusat.

‘’Dari 10 kabupaten/kota di NTB, yang berpeluang untuk meraih penghargaan Adipura yakni Selong dan Kota Mataram,’’ kata Kepala Pusat Pengelolaan Ekotorizm Bali Nusra, Rosa Pipin Ratnawati disela-sela ekspose hasil penilaian tahap pertama lomba Adipura tahun 2013 di Rupatama Bupati Lotim, Selasa (19/2).

Rosa Pipin merasa optimis bila Lotim bisa meraih Adipura tersebut, mengingat hasil penilaian tahap pertama yang dilakukan tim pusat, Lotim memperoleh nilai 71,33 poin. Bila mengacu kriteria pusat, memang masih kurang. Karena, acuan untuk bisa meraih penghargaan Adipura, setidaknya minimal memperoleh nilai 75 poin. Berarti, tinggal empat poin saja, Lotim sudah bisa meraih penghargaan Adipura tersebut.

‘’Kami harapkan agar poin yang kurang itu harus ditambah agar bisa mencukupi. Tentu dengan berjuang bersama-sama untuk meraih satu tujuan yakni merebut piala Adipura itu. Dalam penilaian Adipura, terbagi menjadi dua yakni fisik dan non fisik yang menyangkut manusianya,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Penanaman Modal (BLHPM) Lotim, HR Mulyanto Tejokusumo mengatakan, dalam penilaian Adipura tahap pertama oleh tim pusat, Kabupaten Lotim memang memperoleh nilai 71,33 dengan kategori baik. Tapi, untuk bisa meraih Adipura, tentu masih kurang nilai empat poin, mengingat persyaratannya harus mencapai angka 75,00, dari jumlah indikator yang dinilai sebanyak 17 indikator. Mulai dari kebersihan pasar, terminal, pengelolaan sampah, rumah sakit, tempat pendidikan dan kesehatan, dan lainnya. ‘’Mari kita bersama-sama untuk mewujudkannya agar tahun 2013 ini piala Adipura bisa direbut kembali,’’ katanya.

Seperti diketahui, pada 2012 lalu, Lotim dan Kota Mataram memang tidak berhasil memperoleh penghargaan Adipura, lantaran tidak memenuhi kriteria penilaian yang telah ditentukan oleh pusat.(sr)