LOTIM, Lomboktoday.co.id—Sebanyak sembilan dari sepuluh partai politik yang berhak mengikuti Pemilu Legislatif 2014 mendatang di Lotim, setuju dengan penambahan Daerah Pemilihan (Dapil), dari enam menjadi tujuh Dapil atau tetap dengan enam Dapil sesuai dengan Dapil Pileg 2009 lalu.

Parpol yang setuju dengan penambahan Dapil tersebut, diantaranya; Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanah Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sedangkan satu partai yakni Partai Hanura setuju kalau Dapil Pileg itu dikurangi menjadi lima Dapil saja.

Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lotim, Makmun mengatakan, dari hasil konsultasi publik yang diselenggarakan KPUD Lotim beberapa waktu lalu mengenai Dapil itu, sebagian besar Parpol sangat setuju adanya penambahan Dapil Pileg 2014 mendatang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk langkah antisifasi terhadap akan terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Lombok Selatan (KLS). Jadi, dipandang perlu dilakukan penambangan Dapil.

‘’Dalam konsultasi publik itu, kami sangat setuju dengan penambahan Dapil dari enam menjadi tujuh. Kalau KPU melakukan pengurangan Dapil Pileg, maka dikhawatirkan akan menjauhkan kami selaku DPRD dari konstituen. Apalagi kalau KPU memutuskan Dapil menjadi lima, maka masing-masing Dapil itu melingkupi lima kecamatan, sehingga kami pandang tidak efektif,’’ katanya.

Makmun yang juga anggota DPRD Lotim ini berharap agar apa yang menjadi aspirasinya mengenai penambahan jumlah Dapil bisa dikabulkan oleh KPU, dengan berbagai macam alasan dan pertimbangan yang menguatkan. ‘’Kalau KPU pusat sudah memutuskan nanti jumlah Dapil lima untuk Lotim, tentu kami tidak bisa berbuat banyak, mengingat itu kewenangan KPU,’’ ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPUD Lotim, M Khairul Anwar didampingi komisioner KPUD Lotim lainnya mengatakan, semua usulan yang disampaikan oleh masing-masing pengurus parpol yang meminta agar Dapil ditambah dari enam menjadi tujuh, dapil tetap seperti Pileg 2009 lalu dan berkurang menjadi lima Dapil. Semuannya itu sudah disampaikan ke KPU Pusat melalui KPUD Propinsi, dengan membuatkan berita acara sesuai usulan masing-masing pengurus parpol. ‘’Tugas kami hanya menampung aspirasi dari parpol, tapi yang menentukan adalah KPU pusat,’’ katanya.(sr)

Incoming search terms:

  • partai pkb lotim