LOTENG, Lomboktoday.co.id—Harga Bawang Merah, Bawang Putih dan Cabe di Pasar Renteng, Praya, Loteng, mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dari harga normalnya.

Salah seorang pedagang Bawang di Pasar Renteng, Iq Minah (40 tahun), mengatakan, harga Bawang Merah dan Bawang Putih pada pekan ini mengalami kenaikan drastis. Harga Bawang Merah misalnya, sebelumnya seharga Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram. Begitu juga Bawang Putih, sebelumnya seharga Rp25 ribu per kilogram, kini sudah melonjak menjadi Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram.

Tak hanya itu, harga cabe juga mengalami hal serupa. Dimana, harga cabe yang sebelumnya Rp20 ribu per kilogram, kini sudah melonjak hingga angka Rp45 ribu per kilogram. ‘’Memang, sekarang ini harga cabe sudah naik pak,’’ kata salah seorang pedagang Cabe, Aisyah saat ditemui Lomboktoday.co.id di Pasar Renteng, Praya, Loteng, Rabu (13/3).

Aisyah mengatakan, hanya tomat saja tidak mengalami kenaikan. Buktinya, harga tomat saat ini masih bertengger pada angka Rp3.500 hingga Rp4.000 per kilogram.

Dengan kenaikan harga Bawang Merah, Bawang Putih dan Cabe tersebut, tentu berdampak pada tingkat penjualan. Dimana, sejak terjadi kenaikan harga, terjadi pula penurunan penjualan. Hal itu dikarenakan para pembeli hanya membeli sesuai kebutuhan mereka.

Karena itu, para pedagang Bawang dan Cabe berharap kepada pihak Pemkab Loteng dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian Loteng untuk mengambil langkah-langkah konkrit guna mengatasi kenaikan harga tersebut.(ros)