LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pihak Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Lombok Timur dinilai saling tuding dan lempar tanggungjawab mengenai masalah penertiban atribut cabup/cawabup Lotim yang masih terpasang dan belum diturunkan.

Ketegasan KPU dan Panwaslu Lotim dalam menjalankan aturan yang ada, memang patut dipertanyakan oleh kalangan tim sukses pasangan cabup/cawabup Lotim maupun masyarakat Lotim. Karena, KPU dan Panwaslu terkesan membiarkan masih adanya atribut calon yang belum ditertibkan.

Ketua KPU Lotim, M Khairul Anwar mengatakan, penertiban atribut cabup/cawabup Lotim yang masih terpasang itu, merupakan ranah dari Panwaslu. Meski begitu, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan pihak Panwaslu mengenai atribut calon yang masih belum ditertibkan tersebut.

‘’Untuk masalah penertiban atribut calon ini, silakan mempertanyakan kepada pihak Panwaslu yang memiliki ranah untuk itu,’’ kata Khairul Anwar saat dikonfirmasi via HP, Rabu (27/3).

Sebelumnya, dalam rakor bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Panwaslu, masing-masing tim sukses empat pasangan cabup/cawabup Lotim di kantor KPU Lotim, beberapa waktu lalu, sudah disepakati agar atribut cabup/cawabup Lotim yang masih terpasang diberikan kesempatan kepada tim sukses untuk menurunkannya sebelum ditertibkan oleh petugas. Terkecuali atribut yang tetap boleh terpasang adalah di posko tingkat kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan dengan radius 100 meter.

Atribut yang sudah diturunkan itu, kemudian disimpan di masing-masing posko pemenangannya, untuk dipasang lagi nanti pada 26 April-9 Mei 2013 mendatang, saat kampanye berlangsung.

‘’Kami akan rapatkan lagi mengenai masalah penertiban atribut cabup/cawabup Lotim setelah pulang dari propinsi mengikuti kegiatan pencabutan nomor urut cagub/cawagub NTB. Kami juga akan menyurati kembali masing-masing tim sukses untuk segera menurunkan atribut cabup/cawabup Lotim yang masih terpasang,’’ ungkapnya.

Di tempat terpisah, Ketua Panwaslu Lotim, Joyo Supeno mengatakan, penertiban atribut cabup/cawabup Lotim yang belum diturunkan oleh masing-masing tim sukses adalah kewenangan dari KPU Lotim. Mengingat pihaknya hanya membantu dan melakukan pengawasan terhadap jalannya penertiban tersebut. ‘’Jadi, yang berhak melakukan eksekusi terhadap penertiban atribut cabup/cawabup Lotim adalah KPU Lotim, bukan Panwaslu. Kami akan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak KPU Lotim mengenai masalah ini,’’ katanya.(sr)