MATARAM, Lomboktoday.co.id—Sebanyak 130 siswa Sekolah Dasar (SD) dari 10 sekolah di Kota Mataram mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan mata dan kaca mata gratis dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Bali bekerjasama dengan Lion Club Lombok serta Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Nusa Tenggara Barat yang dipusatkan di Jalan Ade Irma Suryani Monjok, Kamis (02/5).

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Mataram, Wartan yang mewakili Walikota Mataram memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut, mengingat hal ini sangat bermanfaat. Sebab, fungsi kacamata akan sangat membantu siswa yang memiliki gangguan pengelihatan dalam kelancaran proses belajar, baik di sekolah maupun di rumah.

Seperti yang diketahui, jumlah pelajar penderita miopi (rabun jarak jauh) semakin meningkat. Itu disebabkan antara lain karena faktor keturunan, pemakaian waktu membaca jauh lebih lama daripada berolahraga atau beraktifitas di luar, berjam-jam di depan computer, membaca sambil tiduran dan menonton televisi dari jarak dekat.

‘’Sehingga penderita miopi akan mengalami kesulitan saat proses belajar mengajar berlangsung,’’ katanya.

Oleh karenanya, kegiatan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis ini dapat memberikan motivasi bagi siswa untuk meraih perstasi. Mengingat pendidikan merupakan investasi bagi masa depan bangsa dan kualitas sumber daya manusia yang terus meningkat tentunya akan berdampak positif bagi pelaksanaan pembangunan di daerah.

Hal senada juga dilontarkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, H Ruslan Effendy yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Ruslan Effendy menyatakan kegiatan ini sangat positif karena siswa merupakan aset bangsa yang nantinya akan melanjutkan pembangunan sehingga perlu mendapatkan perhatian sebesar-besarnya.

Untuk diketahui, katanya lagi, sebelumnya sebanyak 2.000 siswa SD telah memeriksakan kesehatan matanya, dan pada tahun 2011 sebanyak 1.000 siswa mendapatkan bantuan kacamata. Sehingga masih ada sekitar 1.000 siswa lagi yang belum mendapatkan kacamata, belum lagi siswa tingkat SMP dan SMA sederajat.

‘’Kami sangat berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan,’’ katanya menutup sambutannya.

Sebelumnya, BM PT Sumber Alfaria Trijaya Cabang Bali, Niluh Gede Wija mengungkapkan, kegiatan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata bagi siswa SD dilaksanakan secara bertahap sebagai bentuk komitmen dan perhatiannya dalam menunjang proses belajar para generasi bangsa.(ar)