LOTENG, Lomboktoday.co.id—Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Lombok Tengah, HL Idham Halid menegaskan, saat pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2013/2014 ini, tidak diperkenankan pihak sekolah untuk melakukan pungutan biaya pendaftaran.

‘’Kami dari Dinas Dikpora Loteng sudah mengeluarkan juklak dan juknisnya tentang penerimaan siswa baru. Dan kami sudah menyebarkan juklak dan juknis tersebut ke masing-masing sekolah yang ada di Loteng. Dimana, pada Pasal 4 juklak dan juknis yang mengatur penerimaan peserta didik baru, tidak diperkenankan sekolah untuk memungut biaya pendaftaran,’’ kata Idham Halid kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (17/5).

Idham Halid menjelaskan tujuan dari adanya PPDB ini adalah untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga Negara untuk memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya. Itu sebabnya, tidak ada pungutan biaya pendaftaran saat penerimaan peserta didik baru.

Terkait jumlah peserta didik baru yang harus diterima oleh pihak sekolah, menurut Idham Halid, itu tergantung dari kuota masing-masing sekolah. Sebagai ilustrasi, di suatu sekolah itu terdapat delapan ruang belajar (ruang kelas), dengan jumlah peserta didik baru yang akan diterima dalam satu kelas maksimal sebanyak 40 orang. Maka, 40 peserta didik baru dikalikan delapan ruang kelas, sehingga pihak sekolah itu akan menerima peserta didik sebanyak 320 orang.

‘’Yang penting, kami tidak inginkan adanya double ship di sekolah itu. Jadi, sekolah itu harus menerima peserta didik baru sesuai dengan kuotanya masing-masing,’’ ungkapnya.(ros)