LOTIM, Lomboktoday.co.id—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lombok Timur masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi dalam kasus gugatan sengketa Pemilukada bupati/wabup Lotim tahun 2013, guna menindaklanjuti penetapannya ke Kementerian Dalam Negeri. Walaupun KPU Lotim telah menyerahkan kepada DPRD Lotim terkait hasil penetapan cabup/cawabup Lotim terpilih sepekan yang lalu.

Adapun pasangan cabup/cawabup Lotim yang mengajukan gugatan ke MK yakni paket HM Sukiman Azmy-HM Syamsul Luthfi (SUFI), lantaran tak terima hasil Pemilukada Lotim yang telah ditetapkan oleh KPU Lotim.

‘’Kami memang sudah terima hasil penetapan bupati/wabup Lotim dari KPU Lotim, tapi kami belum memprosesnya, karena masih menunggu hasil keputusan gugatan di MK,’’ tegas Wakil Ketua DPRD Lotim, Daeng Paelori kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (30/5).

Daeng Paelori mengatakan, DPRD Lotim juga telah memperoleh materi gugatan yang diajukan oleh salah satu pasangan di MK, yang hari ini, Kamis (30/5), mulai digelar sidang perdananya. Hanya saja, pihaknya tidak akan menyampaikan ke publik, mengingat hal ini sifatnya rahasia. Tidak hanya itu, KPU Lotim juga telah menyampaikan masalah adanya gugatan di MK itu, setelah sebelumnya menyampaikan hasil keputusan penetapan Pemilukada Lotim ke DPRD setempat. Memang sesuai aturan yang berlaku, apabila hasil Pemilukada Lotim yang telah ditetapkan oleh KPU Lotim itu tidak diterima, maka bagi pasangan calon dipersilahkan untuk mengajukan gugatan ke MK yang dibuktikan dengan bukti-bukti yang kuat.

‘’Sebelum adanya keputusan yang tetap mengenai hasil gugatan itu, maka kami tidak akan menindaklanjuti ke Mendagri. Apapun keputusan MK, kami akan jalankan sesuai aturan main yang ada,’’ ungkapnya.

Daeng Paelori yang juga ketua DPD Partai Golkar Lotim ini meminta MK agar segera mengeluarkan keputusan terhadap hasil gugatan salah satu pasangan calon tersebut. Karena, masyarakat di daerah ini sangat menanti-nantikan hasil keputusannya. Meski ada pasangan calon yang mengajukan gugatan ke MK, namun Daeng Paelori secara pribadi merasa bersyukur, karena dalam proses Pemilukada Lotim hingga pasca penetapan hasil rekapitulasi cabup/cawabup Lotim terpilih oleh KPU Lotim, kondisi masyarakat di daerah ini masih tetap kondusif sebagaimana yang diharapkan bersama.

‘’Mudah-mudahan situasi yang sudah kondusif ini bisa tetap terjaga tanpa adanya gesekan atau gejolak di tengah-tengah masyarakat Lotim. Kami minta kepada masyarakat Lotim untuk tidak terpengaruh terhadap SMS yang beredar dengan tujuan untuk membuat situasi menjadi tidak kondusif,’’ ungkapnya.(sr)