SIDOARJO,Lomboktoday.co.id – Hattrick Evan Dimas akhirnya memastikan hasil pertandingan Indonesia vs Thailand dalam gelaran AFF U-19, Senin malam (16/9) di Gelora Delta Sidoarjo, berakhir dengan skor 3-1.

Timnas Indonesia U19 usai menekuk Thailand di Gelora Sidoarjo.

Timnas Indonesia U19 usai menekuk Thailand di Gelora Sidoarjo.

Dengan hasil ini, Indonesia U-19 mengumpulkan 9 poin, duduk di peringkat kedua klasemen sementara Grup B, dan unggul dua angka dari Malaysia.

Pasukan Indra Sjafri baru saja tumbang 1-2 atas Vietnam. Hal yang membuat peluang melesat ke babak empat besar sedikit menipis. Tampil di Gelora Delta Sidoarjo, seperti pada laga-laga terdahulu, Indonesia U-19 memeragakan permainan cepat dan unggul kala laga berjalan dini.

Dengan Dinan Yahdian dan Ilham Udin Armaiyn yang menjadi juru gedor, Garuda Muda sempat membuat Thailand terkurung. Gol kemudian terlahir di menit 15.

Memperoleh umpan Muchlis Hadi, Evan Dimas melepaskan tembakan yang membentur pemain belakang lawan. Kiper Thailand, Rattanai Songsahan, mati langkah dan menyaksikan gol bersarang ke gawangnya. Ini adalah gol kelima Indonesia U-19 dalam 15 menit pertama sepanjang empat laga di AFF Youth Championship.

Sebenarnya, Dinan Yahdian (’28) dan Ilham Udin (’43) mendapatkan peluang emas untuk memperbesar skor. Keadaan tidak berubah, Thailand mulai melancarkan tackle-tackle keras, dan sebuah malapetaka hadir bagi Garuda Muda di ujung babak pertama. Ketika itu, melalui tandukan Ratchanon Phunklai membobol gawang Indonesia dari jarak dekat. Gol keduanya sepanjang kejuaraan.

Setelah turun minum, Thailand menggebrak. Namun, ini tidak berlangsung lama. Indonesia mulai mengimbangi tim lawan. Beberapa kesempatan didapatkan, dengan penyelesaian akhir yang kurang memuaskan.

Menit 65, sebuah insiden terjadi. Ratchanon Phunklai dianggap melakukan simulasi sehingga mendapatkan kartu kuning kedua. Thailand bermain dengan 10 orang, tapi nyali mereka tak menciut.

Selang lima menit, melalui serangan balik, Muhclis Hadi Ding memperoleh kesempatan untuk mengirim bola ke salah satu rekannya di tengah kotak penalti, tapi memilih menembak terlalu lemah dan diamankan Songsahan. Evan Dimas (’72) juga gagal membidik gawang Thailand.

Semangat pantang menyerah Garuda Muda berbuah. Akselerasi ampuh Maldini dimanfaatkan Evan Dimas yang masuk ke kotak penalti, dan tidak ada pemain Thailand yang bisa membendung gol keempat pemain Persebaya 1927 ini. 2-1!

Di ujung pertandingan, penalti Evan Dimas menggenapkan kemenangan Garuda Muda dari Thailand. Skor akhir 3-1, Indonesia memetik tiga angka, dan mempertahankan keunggulan 2 poin dari Malaysia. LTD