Kerjasama Dispenda Provinsi NTB dengan Lomboktoday.co.id

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Di tengah semakin bertambahnya jumlah kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), tentu membawa peluang bagi peningkatan penerimaan daerah dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor.

Mobil Operasional SAMSAT Keliling

Mobil Operasional SAMSAT Keliling

Peluang ini tentunya harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi NTB sebagai leading sector penerimaan beserta unsur terkait, yaitu kepolisian dan PT Jasa Raharja melalui Kantor Bersama Dibawah Satu Atap (SAMSAT).

Mobil Operasional SAMSAT Keliling

Mobil Operasional SAMSAT Keliling

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Propinsi NTB, HL Suparman mengatakan, dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (WPKB), Dispenda sebagai penyedia sarana dan prasarana pelayanan, terus berupaya untuk meningkatkan dan melakukan pembenahan. Terutama sarana dan prasarana fisik kantor sebagai upaya meningkatkan kualitas demi kenyamanan bagi masyarakat wajib pajak di dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) mereka pada kantor-kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT yang ada di seluruh kabupaten/kota se-NTB.

Adapun kantor-kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT yang ada di kabupaten/kota se-NTB diantaranya;

  1. Kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT Mataram, Jl. Langko No. 28 Mataram.
  2. Kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT Lombok Barat, Jl. Imam Bonjol No. 2 Gerung, Lobar.
  3. Kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT Lombok Utara, Jl. Raya Tanjung, KLU.
  4. kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT Lombok Tengah, Jl. Sultan Hasanudin Praya, Loteng.
  5. kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT Lombok Timur, Jl. RA Kartini No. 24 Rakam, Selong, Lotim.
  6. Kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT Sumbawa Besar, Jl. Bungur No. 4A Sumbawa Besar.
  7. Kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT Sumbawa Barat, Jl. Telaga Bertong Taliwang.
  8. kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT Dompu, Jl. Syech Muhammad.
  9. kantor UPTD PPDRD dan SAMSAT Bima, Jl. Soekarno Hatta Raba Bima.

‘’Upaya-upaya lain yang telah dilaksanakan oleh Dispenda dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (WPKB) adalah dengan mendirikan SAMSAT Drive Thru,’’ kata HL Suparman di kantornya, Senin (16/9).

Setidaknya, kata HL Suparman, ada lima Drive Thru yang sudah dibangun di NTB, yakni Drive Thru Mataram, Drive Thru Narmada-Lombok Barat, Drive Thru Kopang-Lombok Tengah, Drive Thru Aikmel-Lombok Timur dan Drive Thru Selaperate-Sumbawa Besar. Disamping Drive Thru tersebut, juga telah dibentuk SAMSAT Pembantu, yakni SAMSAT Pembantu Panda di Kabupaten Bima dan SAMSAT Pembantu Alas di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa Besar.

Sedangkan upaya lain yang dilakukan untuk lebih mendekatkan pelayanan, khususnya bagi daerah yang jauh dari tempat-tempat pelayanan sebagaimana telah disebut di atas, Dinas Pendapatan Daerah Provinsi NTB juga telah mengoperasionalkan pelayanan melalui mobil SAMSAT Keliling. Mobil SAMSAT Keliling ini telah tersedia di seluruh kabupaten/kota se-NTB yang secara periodik akan mendatangi daerah yang memiliki potensi Wajib Pajak Kendaraan Bermotor yang cukup tinggi.

‘’Beberapa upaya tersebut akan terus dikembangkan dan dilakukan pembenahan secara bertahap agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (WPKB). Sehingga, Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor sebagai salah satu kontributor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat terus meningkat. Dengan begitu, sumber pembiayaan bagi pembangunan di daerah ini akan semakin meningkat pula,’’ ungkapnya.AR

Incoming search terms:

  • alamat kantor jasa raharja sumbawa besar
  • alamat kantor samsat mataram
  • dispenda lombok tengah
  • samsat keliling propinsi ntb