MATARAM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram mulai hari ini (Senin, 21/10, Red) melakukan penertiban atribut alat peraga kampanye calon legislatif (caleg) yang ada di wilayah administratif Kota Mataram.

Sesuai aturan KPU, atribut alat peraga kampanye untuk Baliho bagi caleg dengan ukuran besar, tidak perbolehkan terpampang.

‘’Baliho yang bergambar foto caleg tidak diperbolehkan dipasang di mana saja. Yang boleh itu, hanya foto caleg di spanduk dan stiker, itupun fotonya berukuran kecil khususnya yang dipasang di spanduk,’’ kata Assisten I Setda Kota Mataram, Lalu Indra Bangsawan kepada wartawan di Mataram, Senin (21/10).

Indra mengatakan, sesuai aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa jenis atribut dan alat peraga kampanye menyalahi aturan adalah yang dipasang di fasilitas publik termasuk yang dipasang di pohon-pohon pelindung. Selain itu, juga pemasangan atibut dan alat peraga kampanye dilarang dipasang di tempat pendidikan, tempat ibadah serta di luar tempat lainnya yang tidak diperbolehkan oleh aturan KPU.

Larangan pemasang atribut dan alat peraga kampanye juga dilarang di luar ketentuan yang diperbolehan seperti berukuran lebih besar dari ketentuan maksimal, maupun jumlahnya melebihi ketentuan maksimal. Khusus untuk baliho, KPU pusat telah menggariskan bahwa baliho dengan konten tertentu tidak diperkenankan untuk dipasang, baik di area pribadi maupun di area publik, yaitu baliho yang memampang gambar foto caleg.

Baliho yang boleh dipasang hanya baliho parpol dengan konten gambar lambing parpol, visi-misi, dan program parpol. Foto yang diperkenankan ada di baliho adalah foto pengurus parpol bersangkutan yang tidak mencalonkan diri. Gambar foto calon legislatif hanya boleh ada di spanduk, itupun dengan ukuran yang diperbolehkan maksimal 1,5 meter X 7 meter dan tidak boleh lebih dari satu untuk tiap kecamatan.

‘’Penertiban untuk baliho bergambar foto caleg ini disepakati baru dilaksanakan setelah dikomunikasikan terlebih dahulu dengan parpol atau caleg bersangkutan,’’ terangnya.

Tim penertiban alat peraga kampanye di wilayah Kota Mataram dibagi dalam tiga zona wilayah; Zona Tengah yakni Mataram-Selaparang dengan koordinator Satpol PP Kota Mataram, Zona Barat yakni Ampenan-Sekarbela dengan koordinator Dinas Perhubungan Kota Mataram, dan Zona Timur yakni Cakranegara-Sandubaya dengan koordinator Dinas Pertamanan Kota Mataram, akan bergerak dalam dua hari, Senin-Selasa (21-22 Oktober 2013). Dimulai sejak pukul 16.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita.(MN)