Menurun Animo Warga NTB Jadi TNI

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini terjadi penurunan yang cukup drastis animo masyarakat NTB yang hendak melamar menjadi anggota TNI. Tidak diketahui secara pasti apa penyebabnya sehingga terjadi penurunan animo tersebut.

Komandan Korem (Danrem) 162/Wira Bhakti, Kolonel Inf Zulfardi Junin, menyebutkan jumlah warga NTB yang ikut seleksi pada Calon Tamtama (Catam) sebanyak 528 orang untuk kuota sekitar 70 orang. Dari 528 orang tersebut, tapi yang masih tersisa sampai tahap seleksi saat ini sekitar 194 orang.

Sedangkan yang ikut seleksi untuk Calon Bintara (Caba) sebanyak 380 orang untuk jatah kouta sekitar 50 orang. Hanya saja, dari 380 orang yang ikut seleksi itu, yang masih tersisa hingga seleksi psikotes sektiar 76 orang.

‘’Untuk seleksi Caba, hasil seleksi di Korem ini kita kirim ke Kodam IX Udayana untuk dievaluasi lagi. Karena, penentuan kelulusannya ada di Kodam,’’ kata Zulfardi usai gladi bersih peringatan HUT TNI ke-67 di Makorem 162/WB.

Sementara animo masyarakat NTB yang ikut seleksi sebagai calon taruna Akademi Militer (Akmil) tahun ini sebanyak 27 orang, tapi yang dinyatakan lulus hanya dua orang.

Disinggung soal jumlah perekrutan personel di tubuh TNI, Zulfardi menjelaskan hal itu tergantung dari tingkat ancaman. Artinya, bila di suatu daerah tersebut tingkat ancamannya tinggi, maka dimungkinkan untuk diberikan kouta lebih banyak dalam perekrutan personel. Begitu juga sebaliknya, bila tingkat ancamannya lebih rendah, maka kouta personel yang akan direkrut sedikit.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply