PPIH Makkah Siap Sambut Gelombang II Jamaah Haji

MAKKAH, Lomboktoday.co.id—Gelombang II (kedua) jamaah haji yang dijadwalkan mulai bergerak pada 6 Oktober 2012, mulai disikapi cepat petugas haji Daerah Kerja Makkah. Yakni dengan menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan jamaah.

Ketua Daker Makkah, Arsyad Hidayat memastikan, jamaah haji gelombang II yang bergerak dari Jeddah menuju Makkah sudah tidak ada persoalan. Secara teknis Kota Makkah hanya sebagai penyambut jamaah saja. Sedangkan operasionalnya, kata dia,  berada pada petugas haji Jeddah. Mulai dari pemberangkatan dan pengangkutan barang bawaan. Semua jamaah harus diantar sampai ke pemondokannya.

‘’Kami di Daker Makkah lebih fokus pada pemondokan dan fasilitasnya. Agar begitu tiba jamaah sudah nyaman berada di pemondokan,’’ ungkap Arsyad di Makkah, Jum’at (5/10).

Menurutnya, pada umumnya seluruh petugas yang ada di Makkah telah mempersiapkan sejak lama kedatangan jamaah. Hanya saja pada gelombang II ini ada perbedaan. Karena frekuensi kedatangannya jamaah lebih cepat.

‘’Kalau dari Madinah ke Makkah kan waktu tempuhnya lebih lama, berbeda dengan Jeddah ke Makkah yang lebih pendek,’’ tegasnya.

Dengan rentang waktu yang pendek itu, lanjut dia, membutuhkan kesiapan petugas yang lebih baik lagi. Agar tidak ada jamaah yang tiba tanpa pelayanan petugas. Mulai dari tiba di pemondokan sampai mendapatkan fasilitas kamar.

Gelombang II jamaah haji Indonesia ini diperkirakan datang sebanyak 17-19 kloter yang langsung mendarat di Bandar King Abdul Azis, Jeddah. Berbeda pada gelombang I (pertama) yang hanya mendarat 10 kloter di Bandar King Abdul Azis, Jeddah. Menariknya, pada gelombang II ini bakal lebih padat aktifitas bandara. Karena gelombang II ini bercampur dengan jamaah haji negara lain. Indonesia adalah negara yang memiliki anggota jamaah haji terbesar, yakni 211.000 orang.(mch)

Kirim Komentar

Leave a Reply