Pemulangan TKI Tak Ganggu Penerbangan Haji

JEDDAH, Lomboktoday.co.id—Pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) bermasalah sebanyak 1.943 orang dengan menggunakan pesawat haji mulai 17-20 Oktober itu, sejatinya tidak akan mengganggu proses penerbangan jamaah. Sebab, TKI bermasalah itu diturunkan di embarkasi haji.

‘’Jika ada TKI asal Surabaya, tapi dipulangkan dengan menggunakan pesawat embarkasi Banjarmasin, maka TKI tersebut nanti akan turun di Banjarmasin. Selanjutnya dari Banjarmasin menuju Surabaya menjadi tanggungjawab Kementerian Tenaga Kerja,’’ kata Menteri Agama, Suryadharma Ali di Jeddah, Kamis (18/10).

Dikatakannya, pada prinsipnya Kementerian Agama membantu pemulangan TKI bermasalah hingga ke tanah air. Sementara angkutan berikutnya agar TKI tersebut sampai ke daerah asal menjadi tanggung jawab kementerian teknis, dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.

Suryadharma Ali juga menjelaskan, pemulangan TKI bermasalah dengan pesawat haji (Garuda) merupakan kedua kalinya untuk tahun ini. Tahun sebelumnya, pesawat haji juga digunakan untuk mengangkut TKI bermasalah dari Arab Saudi.(mch)

 

Kirim Komentar

Leave a Reply