DPPU BIL dan DPPU Juanda Sukses Layani Pemberangkatan CJH

MATARAM, Lomboktoday.co.id—PT Pertamina (Persero), khususnya Pemasaran JatimBaliNus, telah membuktikan komitmennya untuk melayani penerbangan haji tahun 2012, yang diberangkatkan melalui Bandara Internasional Lombok (BIL) dan Bandara Internasional Juanda Surabaya. Berhasilnya pelayanan penerbangan haji tersebut karena kesiapan dalam penyediaan sarana dan fasilitas dalam kondisi baik, serta ketersediaan avtur dalam jumlah yang mencukupi.

‘’Pelaksanaan Hajj Flight Phase I (pemberangkatan) di Bandara Internasional Lombok (BIL) pada 21 September –18 Oktober 2012. Dalam kurun waktu 28 hari tersebut, terjadi kenaikan kebutuhan Avtur rata-rata 40 KL/hari. Pada kondisi normal, penyaluran rata-rata Avtur di DPPU BIL sebesar 60 KL/hari,’’ kata Vice President Aviation, Wisnuntoro melalui siaran pers yang dikirim ke redaksi Lomboktoday.co.id, Rabu (24/10).

Dikatakannya, kenaikan terbesar di BIL, terjadi pada 21 September sebanyak 87 KL (naik 145%) dan 4 Oktober sebesar 82 KL (naik 136%). Total Avtur yang untuk melayani 15 (lima belas) kloter yang diberangkatkan dari BIL sebanyak 1.137 KL.

Sementara itu, pelaksanaan Hajj Flight Phase I (pemberangkatan) di Bandara Internasional Juanda dilaksanakan tanggal 21 September–20 Oktober 2012. Dalam kurun waktu 30 hari tersebut, terjadi kenaikan kebutuhan Avtur rata-rata 260 KL/hari. Pada kondisi normal, penyaluran rata-rata Avtur di DPPU Juanda sebesar 900 kl/hari.

Kenaikan terbesar terjadi pada 13 Oktober sebanyak 435 KL (naik 48%) dan pada 15 Oktober sebesar 411 KL (naik 46%). Total kebutuhan Avtur untuk melayani pemberangkatan 82 (delapan puluh dua) kloter calon jamaah haji di Bandara Internasional Juanda Surabaya sebanyak 7.831 KL, yang seluruhnya dilayani oleh Saudi Arabia Airline, dengan pesawat berbadan lebar tipe Boeing 747.

‘’Untuk selanjutnya, Pertamina akan menyiapkan kebutuhan Avtur untuk Penerbangan Haji Phase II. Pemulangan jamaah haji ini, direncanakan pada 31 Oktober–27 November 2012 di Bandara Internasional Juanda, dan pada 31 Oktober–27 November 2012 di BIL,’’ ungkapnya.

Wisnuntoro menjelaskan, penjualan avtur dengan jaminan ketersediaan ini, diharapkan mampu memenuhi peningkatan kebutuhan di bandara tersebut. Pertamina berkomitmen untuk terus hadir melayani kebutuhan BBM dalam negeri dengan meningkatkan pelayanan serta kehandalan sarana dan fasilitas infrastruktur yang ada demi kelangsungan usaha dan peningkatan ekonomi nasional.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply