Tingkatkan Daya Saing, Pedagang Pasar Dilatih Manajemen Pasar

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Hingga saat ini, keberadaan pasar tradisional masih sangat dibutuhkan masyarakat. Dalam upaya meningkatkan daya saing dan peningkatan kualitas serta pelayanan kepada konsumen, maka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Mataram menyelenggarakan diklat manajemen pasar yang dibuka pada Senin, 29 Oktober sampai dengan 1 November 2012, bagi 50 orang pedagang dan pengurus pasar tradisional se-Kota Mataram.

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Koperindag Kota Mataram, Wartan sekaligus membuka diklat, berharap dengan penyelenggaraan diklat ini dapat menghasilkan output berupa manajemen pasar yang profesional. Juga agar pedagang dan pengurus pasar peserta diklat nantinya dapat berperan aktif dalam pengelolaan pasar tradisional yang profesional di tengah serbuan pasar-pasar modern. ‘’Pasar tradisional, tapi modern dalam pelayananm’’ katanya.

Hal senada dikemukakan oleh Tulus Budianto, Kepala Pusdiklat dari Kementerian Perdagangan. Menurut Tulus, pasar tradisional perlu meningkatkan daya saing agar dapat mengimbangi keberadaan pasar modern dan ritel. Pasar tradisional harus dikembangkan supaya dikelola secara modern pula.

‘’Kita harus mengubah mindset yang ada. Kesan pasar tradisional yang kurang refesentatif  harus segera diubah untuk dapat bersaing. Sehingga pedagang, sarana dan prasarana harus bersih, begitu pula dengan penyajian dan pelayanannya harus baik,’’ katanya.

Diklat tersebut melibatkan pihak pedagang maupun pengelola, supaya lebih sinergis. Bahu-membahu dalam mewujudkan keberadaan pasar tradisional yang mampu bertahan dalam persaingan.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply