Loteng Bentuk 37 Kelompok Sadar Wisata

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Untuk memajukan sektor pariwisata di wilayah Lombok Tengah (Loteng), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Loteng kini telah membentuk 37 kelompok sadar wisata di setiap objek wisata yang ada di daerah ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Loteng, HL Putria mengatakan, pembentukan 37 kelompok sadar wisata di setiap objek wisata ini sangat tepat, mengingat semakin menggeliatnya pariwisata di daerah ini.

‘’Kita juga bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali untuk menyiapkan SDM pendukung pariwisata,’’ kata HL Putria kepada Lomboktoday.co.id di Lombok Tengah.

Ke depan, kata Putria, pihaknya juga akan mencoba membuat paket-paket wisata dan meningkatkan daya saing pariwisata yang ada di daerah yang bermotokan Tatas Tuhu Trasna. Disamping itu, akan menghimpun seni budaya yang ada dan membuat kalender event, sehingga para tamu atau wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan mengetahui jadual kalender budaya tersebut.

‘’Kita juga akan mencoba melengkapi objek wisata dengan fasilitas umum, seperti toilet berugak (celter). Dan kita berupaya dengan semua stake holder untuk menciptakan sapta pesona,’’ ungkapnya.

Loteng sekarang, jelas Putria, sudah tepat dijadikan sebagai sektor unggulan pariwisata (ATM/Agro Tourizm Marine). Dimana, khusus untuk pariwisata, sebesar 80 persen itu adalah fungsi koordinatif dengan SKPD terkait, sisanya 20 persen baru tugas pengembang pariwisata itu sendiri.

Jadi, Putria berprinsip, tidak terpaku dalam jumlah anggaran, tapi bagaimana berkoordinasi dengan SKPD tersebut. Misalnya, menyangkut infrastruktur jalan dengan Dinas PU, infrastruktur listrik dengan PLN, menyangkut transportasi dan telekomunikasi dengan Dinas Perhubungan, menyangkut air dengan PDAM. Selain itu, menyangkut kerajinan handycraft dengan Dinas Perindag.

‘’Saya kira untuk memajukan pariwisata ini, tidak mesti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Loteng harus mendapatkan anggaran besar, tapi bagaimana melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk bisa menunjang kebutuhan dari pada pariwasata dalam rangka menciptakan sapta pesona,’’ ujarnya.

Putria meyakini pariwisata Loteng ke depan bisa maju dengan potensi yang ada. Artinya antara Zona Utara, Zona Tengah dan Zona Selatan, saling menunjang atau mendukung. ‘’Melihat potensi yang diberikan oleh Allah SWT, saya yakin Loteng akan menjadi destinasi wisata unggulan utama di Indonesia. Bahkan bisa mengalahkan Bali dan daerah lainnya di Indonesia,’’ tukasnya.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply