Dispenda Jatim Kunker ke Mataram

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Sebanyak 20 orang dari Dinas Pendapatan (Dispenda) Propinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemerintah Kota Mataram. Rombongan kunker yang diketuai Muhammad Nur, diterima oleh Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Mataram HM Syakirin Hukmi bersama aparat setempat di ruang Kenari Kantor Walikota Mataram, Kamis (1/11).

Ketua rombongan, Muhammad Nur menyampaikan, kedatangan rombongan Dispenda Propinsi Jatim ke Kota Mataram adalah ingin memperoleh informasi tentang kesiapan Pemerintah Kota Mataram terkait dengan pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi pajak daerah pada tahun 2013. ‘’Hal ini menjadi daya tarik kami untuk mencari informasi tentang langkah-langkah yang dipersiapan Pemkot Mataram,’’ katanya.

Menanggapi hal itu, Kadispenda Kota Mataram, HM Syakirin Hukmi menjelaskan, makna dana Rp 1 atau 2 miliar sangat berarti untuk Pemerintah Kota Mataram, sehingga peluang kesempatan yang diberikan pemerintah pusat terhadap pengelolaan PBB menjadi pajak daerah akan dilaksanakan secara maksimal agar mendapat hasil yang optimal.

‘’Untuk sementara data-data yang diterima dari Kantor Pelayanan Pajak  (KPP) termasuk tarif dan lain-lain tidak akan dirubah, karena itu akan menjadi acuan pemungutan tahun 2013. Mengingat pajak ini merupakan pajak sejuta umat sehingga tidak dinaikan,’’ katanya.

Sementara itu, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Selain persiapan teknis,  juga persiapan Sumber Daya Manusia (SDM), serta membentuk tim agar bisa bekerjasama dengan KPP. ‘’Bahkan diantara kami sudah ada yang mengikuti pelatihan magang di KPP Mataram. Sedangkan sistem teknis yang dibangun masih dalam proses,’’ jelasnya.

Untuk memudahkan masyarakat, ke depan pembayaran PBB akan dilakukan di enam kecamatan secara manual, setelah pajak terkumpul barulah pajak disetor ke salah satu Bank yang ditunjuk. ‘’Karena jika menggunakan sistem on line  ke Bank, kami memperhitungkan dari sisi biaya yang lebih. Namun hal tersebut menjadi rencana program kami ke depan,’’ ungkapnya.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply