Pemkot Mataram Gelar Dua Even Besar Akhir Nopember

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Menutup akhir bulan Nopember 2012, Pemerintah Kota Mataram menggelar dua even besar sebagai implikasi program-program yang telah dicanangkan sebelumnya. Dua even tersebut adalah kegiatan Festival Jangkuk dan Mataram Bersepeda. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi (Rakor) SKPD bersama pihak ketiga yang melaksanakan program itu di ruang kenari Kantor Walikota Mataram, Senin (12/11), dipimpin langsung Walikota Mataram H Ahyar Abduh didampingi Sekda Kota Mataram, HL Makmur Said dan Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mataram, H Efendi Eko Saswito.

Menurut Walikota, dua even tersebut harus dipersiapkan secara maksimal karena melibatkan banyak pihak, terutama kegiatan Festival Jangkuk. ‘’Kalau namanya sudah festival, masyarakat pasti mengartikan kalau itu acara skala besar. Sehingga, tidak menutup kemungkinan dapat mengundang perhatian wisatawan,’’ katanya.

Festival Jangkuk ini sangat mendukung dan sinkron dengan program Pemkot Mataram yang telah mencanangkan program restorasi kali yang bekerjasama dengan pihak Universitas Mataram (Unram) pada tanggal 14 September 2012 lalu. Begitu juga dengan kegiatan Mataram Bersepeda, sejalan dengan program Pemkot Mataram Car Free Day yang dilaksanakan setiap hari Minggu di sepanjang Jalan Udayana.

‘’Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat ikut berpartisipasi untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan tersebut,’’ ungkapnya.

Di sisi lain, terkait dengan rakor SKPD, Walikota meminta agar semua SKPD mempersiapkan program-program tahun 2013, sehingga program dapat terlaksana lebih cepat dan dapat tuntas tepat waktu. Semua SKPD juga harus aktif melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat untuk mencari pelung yang dapat mendukung program pada SKPD masing-masing.

‘’SKPD sesuai dengan tupoksinya, diharapkan bisa mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan akhir November ini, termasuk dengan persiapan Adipura, dan kegiatan Latsitardanus yang akan berlangusng tanggal 18 November 2012,’’ tambah Walikota.

Dalam laporannya, Panitia Festival Jangkuk, Syarif menjelaskan, kegiatan Festival Jangkuk sebagai upaya agar program restorasi kali bisa menjadi bagian dari upaya membangun Kota Mataram direncanakan berlangsung pada tanggal 24 November.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain, lomba lukis Kali Jangkuk dengan melibatkan sekitar 250 perserta  tingkat SD dan SMP, Lomba pemanfaatkan pekarangan dengan beternak bebek dan ayam.  Selain itu, Lomba membuat Khutbah Masjid tentang sungai untuk pelajar tingkat SMA, diskusi tentang sungai dan kegiatan gotong-royong membersihkan sungai.

Sedangkan Ketua Panitia Mataram Bersepeda, Sigap mengatakan kegiatan Mataram bersepeda dilaksanakan pada tanggal 25 November dengan rute, star dan finish di Lapangan Umum Mataram. ‘’Peserta pertama akan dilepas oleh Walikota Mataram di depan Hotel Santika menuju ke arah persimpangan Jln. AA. Gede Ngurah kemudian ke Jalan Catur warga,’’ katanya.

Pada akhir acara, lanjutnya, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh akan menyerahan 25 unit sepeda secara simbolis kepada siswa tidak mampu di Kota Mataram dilanjutkan dengan pementasan atraksi berbagai kesenian dari siswa-siswa di Kota Mataram. ‘’Sementara sisa, sekitar 250 sepeda akan didistribusikan melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram,’’ ungkapnya.

Menurutnya, selain bertujuan untuk mendukung program Car Free Day. Kegiatan Mataram Bersepeda juga bertujuan untuk mendukung program Pemkot Mataram dengan Moto Maju Religius dan Berbudaya melalui gerakan bersepada. Memasyarakatkan sepeda sebagai alat transportasi untuk datang ke sekolah dan menciptakan greed design sadar hidup sehat dengan bersepeda.  Sebelumnya Sekretaris Bappeda Kota Mataram, Lalu Martawang menambahkan, dua even besar tersebut rencananya akan digabung dengan  peringatan Hari Tata Ruang dan Launching Kota Hijau agar gaung kegiatan tersebut lebih besar.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply