Sementara Saopan Raih Suara Terbanyak

LOBAR, Lomboktoday.co.id—Proses Pemilihan Kepala Dusun (Pilkadus) di Dusun Nyamarai, Desa Karang Bongkot, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), pada Minggu (25/11), telah berlangsung lancar.

Terbukti sejak dimulainya proses pemungutan suara hingga penghitungan suara di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni TPS I yang berlokasi di kampung Nyamarai dan TPS II di Komplek Pertokoan Perampuan, tidak terjadi gejolak yang cukup berarti dari masing-masing pendukung calon Kadus tersebut.

Hingga selesai penghitungan suara, setidaknya calon nomor urut dua, Saopan, untuk sementara berhasil meraih suara terbanyak, yakni sebanyak 467 suara. Sedangkan calon nomor urut pertama, Mahdan, untuk sementara berhasil meraup suara sebanyak 426 suara.

Dari pantauan Lomboktoday.co.id sejak pemungutan suara hingga penghitungan suara di dua TPS tersebut, di TPS I, Saopan berhasil mengungguli lawannya, Mahdan, dengan perolehan suara sebanyak 361 suara. Sementara Mahdan hanya berhasil meraih suara sebanyak 115 suara. Di TPS I ini, jumlah pemilih sebanyak 799 orang, belum termasuk pemilih tambahan. Namun yang bersedia menyalurkan aspirasi hak pilihnya sebanyak 483 orang. Alhasil, terdapat surat suara tidak sah sebanyak tujuh orang. Berarti yang golput (tidak menyalurkan aspirasi hak pilihnya, Red) sebanyak 316 orang lebih.

Sedangkan di TPS II, malah sebaliknya. Calon nomor urut pertama, Mahdan, berhasil mengungguli lawannya, Saopan, dengan perolehan suara sebanyak 311 orang. Sedangkan Saopan hanya berhasil meraih suara sebanyak 106 orang. Di TPS ini, terdapat jumlah pemilih sebanyak 632 orang, dengan tanpa ada surat suara tidak sah. Dengan begitu, jumlah pemilih yang tidak menyalurkan aspirasi hak pilihnya (golput, Red) sebanyak 215 orang.

Kini, berita acara dan berkas lainnya di kedua TPS telah diserahkan oleh masing-masing Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ke Kantor Desa Karang Bongkot untuk dilakukan rekapituasi oleh pihak Panitia Pemilihan Kepala Dusun Nyamarai.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply