Telkom Kucurkan Dana Kemitraan Rp4,763 M

TEKEN PKS : Koordinator PKBL PT Telkom Mataram, M Yunus (dua dari kanan) menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) secara simbolis dengan mitra binaan, L Surya Mukti Primaditya, yang disaksikan Kepala PT Telkom Mataram, Jeky James Ndun dan Kepala Dinas Koperasi UMKM NTB, H Moh Rusdi. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Sepanjang tahun 2012, PT Telkom (Persero), Tbk Mataram berhasil mengucurkan dana kemitraan sebesar Rp 4.763.700.000,- (Rp4,763 miliar lebih, Red). Ini membuktikan komitmennya sebagai salah satu lembaga BUMN dalam membantu perkuatan modal bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini.

‘’Pada triwulan IV tahun 2012 ini, kami menyalurkan dana pinjaman Program Kemitraan sebesar Rp 1.808.700.000,- kepada 44 mitra binaan dengan suku bunga pinjaman yang cukup rendah, yakni 6 persen per tahun,’’ kata Kepala PT Telkom Mataram, Jeky James Ndun kepada Lomboktoday.co.id, usai acara pembekalan dan penandatangan surat perjanjian tentang pinjaman Program Kemitraan Triwulan IV-2012 di kantor Telkom Mataram, Selasa (18/12).

Jeky mengatakan, dana pinjaman Program Kemitraan tersebut, bersumber dari penyisihan laba bersih PT Telkom itu sendiri. Sehingga, pada hari ini, Selasa (18/12), dilakukan pembekalan sekaligus penandatanganan surat perjanjian tentang pinjaman Program Kemitraan kepada 44 mitra binaan. Sedangkan untuk besaran pinjaman yang diterima oleh mitra binaan pada triwulan IV ini adalah minimal Rp 20 juta.

‘’Dari 44 mitra binaan yang menerima dana pinjaman Program Kemitraan ini, sebanyak 80 persen itu adalah mitra binaan lama, sedangkan mitra binaan baru hanya 20 persen,’’ ungkapnya.

Jeky memaparkan, pada Triwulan I tahun 2012, Telkom telah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 640 juta kepada 12 mitra binaan, Triwulan II sebesar Rp 825 juta kepada 12 mitra binaan, Triwulan III sebesar Rp 1,490 miliar kepada 41 mitra binaan dan Triwulan IV sebesar Rp 1.808.700.000 kepada 44 mitra binaan. Sehingga, praktis total penyaluran dana pinjaman Program Kemitraan tersebut sebesar Rp 4,763.700.000,- (Rp4,763 miliar lebih).

Adapun pembekalan dan penandatanganan surat perjanjian kerjasama tentang pinjaman Program Kemitraan triwulan IV tahun 2012, dilaksanakan di ruang Aula lantai III Kantor Telkom setempat. Hadir dalam kesempatan itu, Kepala PT Telkom Mataram, Jeky James Ndun, Kepala Dinas Koperasi UMKM NTB, H Moh Rusdi, serta dihadiri 44 mitra binaan Telkom Mataram.

Koordinator PKBL PT Telkom Mataram, M Yunus menambahkan, total penyaluran dana Program Kemitraan yang dilakukan PT Telkom Mataram sejak 2003 lalu hingga 2012 mencapai Rp 28.659.700.000,- (Rp28,659 miliar lebih) kepada 1.047 mitra binaan.

Disinggung soal realisasi pengembalian dana Program Kemitraan tersebut dari mitra binaan, Yunus menjelaskan, sudah ada perkembangan yang cukup signifikan. Dimana, sejak 2005 lalu hingga 2012 ini, realisasi pengembaliannya mencapai 95 persen. Alhasil, jumlah tunggakan (NPL) di mitra binaan, bisa dibilang kecil, yakni sekitar 5 persen.

‘’Memang angka tunggakan yang tinggi terjadi pada 2003 hingga 2004 lalu. Dan, tunggakan tersebut sebagian besar dilakukan oleh mitra binaan yang ada di wilayah Lombok Timur,’’ kata M Yunus.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM NTB, H Moh Rusdi memberikan apresiasi yang tinggi kepada PT Telkom Mataram yang telah berkenan membina dan memberdayakan para UMKM di daerah ini. Sebagai lembaga BUMN, Telkom Mataram memang sudah sepatutnya untuk menyisihkan sebagian dari laba perusahaan untuk perkuatan modal UMKM agar UMKM di daerah ini bisa berkembang dan maju.

‘’Kami sangat berharap kepada mitra binaan Telkom Mataram, agar dana pinjaman yang diberikan ini untuk dipergunakan dan dikelola sesuai kepentingan serta kebutuhan usahanya. Pinjaman adalah amanah, apapun bentuknya, kita harus mengembalikan pinjaman tersebut sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Buatlah analisis dan gunakan modal ini sebaik-baiknya. Jangan sampai rugi, karena kalau rugi, maka kita akan sulit dalam pengembalian pinjaman tersebut,’’ tegasnya.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply