Meriahkan Hari Ibu ke-84 dengan Berbagai Lomba

POSE: Pemenang juara lomba Peragaan Busana Nasional bersama dewan juri.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Peringatan Hari Ibu ke-84 Tingkat Kota Mataram dimeriahkan dengan lomba Peragaan Busana Nasional di Aula lantai tiga Kantor Walikota Mataram, Rabu (19/12). Kegiatan yang berlangsung meriah itu, dilaksanakan oleh Panitia Hari Ibu, diikuti para peserta dari TP PKK Kecamatan se-Kota Mataram, perwakilan organisasi-organisasi wanita se-Kota Mataram yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram, antara lain Bhayangkari, Persit, Dharma Wanita Persatuan, IBI dan IKD (Ikatan Keluarga Dewan) Kota Mataram.

Lomba semakin semarak, karena sebelum para peserta tampil, sejumlah istri pejabat, yakni istri Walikota Mataram, Hj Suryani Ahyar Abduh, istri Kapolres Mataram, Hj Azizah Kurnianto, Istri Dandim 1606, Hasnawi Siregar, Istri Ketua DPRD Kota Mataram, Swastining Ramdhani Zaini, istri Sekda Mataram, Hj Ernawati Makmur Said, istri Asisten Tata Praja Setda Kota Mataram, Ny Indra Bangsawan dan Istri Asisten Administrasi Ny Makmun, tampil terlebih dahulu untuk memberi semangat dan menghibur peserta dihadapan para peserta dan tamu undangan yang hadir.

Kegiatan lomba dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Mataram selaku Ketua Panitia Pelaksana Hari Ibu ke-84 Kota Mataram, Hj Suryani Ahyar Abduh. Dalam sambutannya, Hj Suryani mengatakan, peringatan hari ibu ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali perjuangan kaum perempuan, sehingga kaum perempuan saat ini mampu ikut berperan dalam berbagai keragaman aktivitas, terutama mendukung program-program pemerintah.

Dikatakannya, perempuan memiliki sumber daya yang potensial, sehingga jika diberikan kesempatan untuk maju, maka perempuan akan berusaha secara maksimal untuk meningkatkan diri, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Seperti yang diketahui, perempuan di masa lalu memiliki sosial budaya yang membuat perempuan ‘bisu’ dan pasif. Namun memiliki etika dan tata krama sosial yang penurut. Karenanya, perlu terus dipertahankan dan dilestarikan. Untuk itu, lomba Busana Kebaya Nasional ini menjadi salah satu upaya dalam melestrikan budaya dan kekhasan bangsa.

‘’Mari kita sepakat mencintai dan menghidupkan kembali perempuan untuk menggunakan pakaian kain kebaya saat menghadiri berbagai acara,’’ katanya.

Koordinator Seksi Acara Peringatan Hari Ibu ke-84, Swastining Zaini, menambahkan kegiatan Lomba Busana Nasional ini dibagi menjadi dua katagori yakni peserta di bawah usia 50 tahun dan peserta di atas 50 tahun dengan jumlah peserta 63 orang.

‘’Tim juri kita libatkan dari Harpi Melati, Yayasan Pembina Model Indonesia (Yapmi) dan dari SMKN 4. Kita berharap kegiatan ini mampu memotivasi ibu-ibu untuk memasyarakatkan kain kebaya,’’ katanya.

Untuk diketahui, pemenang lomba Busana Nasional katagori usia 50 tahun ke bawah dimenangkan oleh Juara I atas nama Supadmi dari IBI, Juara II Bq Ari Handini dari Kantor Lingkungan Hidup, juara III Ibu Anis Zaindari dari APP, sementara juara I untuk katagori usia 50 tahun ke atas dimenangkan oleh Hj Aluh Khalimah perwakilan dari Forum ASI.(ar)

1 Komentar

  1. Kampungnews.com » Meriahkan Hari Ibu ke-84 dengan Berbagai LombaFriday, 21 December 2012 at 20:34Reply

    […] Lomba semakin semarak, karena sebelum para peserta tampil, sejumlah istri pejabat, yakni istri Walikota Mataram, Hj Suryani Ahyar Abduh, istri Kapolres Mataram, Hj Azizah Kurnianto, Istri Dandim 1606… selengkapnya… […]

Leave a Reply