Kepala SMKN 3 Mataram Bantah Uang Semester Rp 3 Juta

Kepala SMKN 3 Mataram, H Umar. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Kepala SMKN 3 Mataram, H Umar membantah bila uang semester di sekolah yang ia pimpin sebesar Rp 3 juta, yang dipungut dari siswa miskin seperti yang diberitakan di sejumlah media (edisi Rabu, 19/12).

‘’Terus terang saja saya kaget membaca berita ini (sambil menunjukkan salah satu koran terbitan Mataram, Red). Kok beritanya uang semester yang dipungut dari siswa sebesar Rp 3 juta. Itu sama sekali tidak benar, karena menurut saya itu sangat memberatkan siswa,’’ kata Umar kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (19/12).

Umar mengakui, memang ada uang operasional sekolah sebesar Rp 3 juta yang dikeluarkan satu kali selama tiga tahun belajar di SMKN 3 Mataram. Itu dikeluarkan pada saat masuk kelas satu, dan itu pun bisa dicicil. Dana sebesar Rp 3 juta itu dibebankan kepada siswa-siswi mampu (orang tuanya berada/kaya).

Jadi, untuk persoalan pungutan dari siswa-siswi miskin yang kini ramai diberitakan, bahkan telah dilaporkan ke Ombudsman Perwakilan NTB, pihaknya berjanji akan mengkroscek bawahannya, dan akan segera mengembalikannya kepada siswa-siswi miskin tersebut.

‘’Jadi kedepannya, untuk siswa-siswi yang terdaftar dalam Jamkesmas atau Jamkesda, akan kami pampang di papan pengumuman sekolah, biar warga sekolah bisa mengetahuinya,’’ ungkapnya.

Umar mengakui, kebutuhan uang operasional dan biaya praktikum siswa di sekolah ini cukup tinggi, yakni antara Rp4-Rp 5 miliar per tahun. Nah, besarnya kebutuhan uang operasional dan biaya praktikum siswa tersebut, tentu pihak sekolah terpaksa harus membebani sumbangan kepada siswa-siswi dari kalangan berada (kaya, Red), yakni sebesar Rp 3 juta, disamping juga mengeluarkan uang komite sebesar Rp 200 ribu per bulan.

‘’Meski kami juga mendapatkan dana dari pemerintah sebesar Rp 2,5 miliar, kemudian ada dana BOS dari Pemprop NTB sebesar Rp 500 juta, APBD Kota Mataram Rp 200 juta, tapi kami tetap saja masih defisit,’’ ujarnya.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply