PDAM Menang Mataram Tambah Kapasitas Sumber Air

Dirut PDAM Menang Mataram, HL Ahmad Zaini. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id

MATARAM, Lomboktoday.co.id—PDAM Menang Mataram akan menambah kapasitas sumber air sebesar 350 liter per detik, pada 2013 mendatang. Dengan begitu, terjadi penambahan kapasitas sebesar 40 persen dari kapasitas yang ada saat ini, yakni sebesar 1.100 liter per detik menjadi 1.500 liter per detik.

Direktur Utama PDAM Menang Mataram, HL Ahmad Zaini mengatakan, pihaknya melakukan penambahan kapasitas sumber air itu, semata-mata untuk mengantisipasi kebutuhan air bersih bagi 20 ribu sambungan rumah (pelanggan, Red) ke depannya. ‘’Paling tidak, mulai tahun 2013 hingga tiga tahun ke depan, sambungan rumah (pelanggan) sebanyak 20 ribu itu sudah bisa terpenuhi. Dan saat ini, kami sedang mengupayakan mata airnya,’’ kata Zaini kepada Lomboktoday.co.id di ruang kerjanya, Rabu (19/12).

Zaini mengatakan, selain program penambahan kapasitas sumber air, juga ada program revitalisasi jaringan yang sudah tua di wilayah Kota Mataram, dan sebagian di wilayah Lombok Barat (Lobar). Termasuk juga terhadap pipa yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, akan diganti.

Untuk anggaran pembiayaan, kata Zaini, sebagian besar berasal dari dana APBN, kemudian dari dana APBD dan dari dana PDAM Menang Mataram, yang totalnya berjumlah sebesar Rp 150 miliar. ‘’Jadi, dana sebesar Rp 150 miliar itu, nanti merupakan keroyokan pusat, daerah dan PDAM itu sendiri,’’ ungkapnya.

Zaini menjelaskan, tatkala dana PDAM Menang Mataram tidak mencukupi, maka akan dilakukan pinjaman bank dengan suku bunga pemerintah. Sehingga, diharapkan kebutuhan air bersih akan terpenuhi. Tapi, bila sumber mata air tersebut sudah habis, maka kedepan pihaknya akan menjajaki pengolahan air sungai (eksploitasi). Bahkan, untuk mengantisipasi kekurangan air di beberapa titik, pihaknya akan melakukan pengeboran.

‘’Memang pada musim kemarau, debit air menurun. Seperti yang terjadi di Srepak, Langko, terjadi penurunan debit air mencapai 80 persen. Nah, ini juga akan kami antisipasi kedepan,’’ ujarnya.(ar)

 

Kirim Komentar

Leave a Reply