Apel Hari Ibu, Kaum Wanita Berbusana Kebaya

Suasana apel peringatan Hari Ibu ke-84 di Kota Mataram.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Upacara peringatan Hari Ibu ke-84 Kota Mataram berlangsung khidmat, Sabtu (22/12). Ketua panitia peringatan Hari Ibu ke-84 Kota Mataram, Hj Suryani Ahyar Abduh bertindak selaku inspektur upacara. Menariknya, seluruh petugas dan peserta upacara didominasi kaum wanita dengan berbusana kebaya.

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Linda Amalia Sari Gumelar dalam sambutan tertulis yang dibacakan Hj Suryani Ahyar Abduh mengatakan, Hari Ibu merupakan peringatan terhadap nilai-nilai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang mendambakan nilai persatuan dan kesatuan Indonesia, nilai kebangsaan Indonesia, nilai untuk kemerdekaan Indonesia, nilai kasih sayang ibu Indonesia dan nilai kerelaan berkorban untuk berjuang membangun Indonesia.

‘’Melalui peringatan Hari Ibu ke-84 tahun 2012 ini, diharapkan seluruh lapisan masyarakat, baik perempuan dan laki-laki dari berbagai latar belakang budaya, agama dan status social, melakukan introspeksi kembali terhadap upaya dan perjuangan yang telah dilakukan kaum perempuan di berbagai bidang dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia,’’ kata Linda Amalia Sari Gumelar.

Pada kesempatan peringatan Hari Ibu ke-84 ini, pemerintah memberikan penghargaan yang tinggi atas peran aktif perempuan dalam berbagai sektor pembangunan di pusat, pemerintah daerah dan tokoh-tokoh perempuan yang telah berjuang bagi kemajuan kaum perempuan Indonesia.

Linda Amalia Sari Gumelar mengajak semua pihak meningkatkan pendidikan politik dan partisipasi perempuan dalam mengambil keputusan, meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ekonomi kreatif yang berwawasan lingkungan, meningkatkan peran laki-laki dan keluarga dalam penghapusan diskriminasi dan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta membangun kesehatan masyarakat yang berkeadilan.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Ibu ke-84 Kota Mataram, Hj Suryani Ahyar Abduh menilai, momen peringatan Hari Ibu dari tahun ke tahun selalu diperingati dengan semakin semarak. Semangat para ibu, dinilai Hj Suryani juga terlihat mengebu-gebu. Dan harapannya ke depan, peringatan Hari Ibu dapat lebih semarak dan lebih baik lagi. Kaum perempuan diharapkan ikut membudayakan kebiasaan-kebiasaan, baik seperti berkebaya, sehingga membuat ibu-ibu tampak lebih anggun.

‘’Semoga semangat ibu-ibu juga akan terus bangkit, bukan hanya di lingkungan keluarga, tapi juga berperan dalam menyukseskan pembangunan di Kota Mataram,’’ kata Hj Suryani yang juga menjabat Ketua TP PKK Kota Mataram ini.

Dalam kesempatan itu, Walikota Mataram, H Ahyar Abduh menghadiahkan bunga tangan kepada istrinya, Hj Suryani Ahyar Abduh. Peringatan Hari Ibu ke-84 Kota Mataram, diisi juga dengan penyerahan hadiah berbagai lomba, yakni lomba peragaan busana nasional, lomba taman sekolah tingkat SLTP, lomba pemanfaatan pekarangan program P2KP Kota Mataram tahun 2012. Selain itu,  juga penyerahan bantuan kursi roda bagi penyandang disabilitas, Lomba Balita Sejahtera Indonesia (LBSI) tingkat Kota Mataram tahun 2012,  dan lomba kelompok khusus UP2K PKK.(ar)

1 Komentar

  1. Kampungnews.com » Apel Hari Ibu, Kaum Wanita Berbusana KebayaSaturday, 22 December 2012 at 20:13Reply

    […] Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Linda Amalia Sari Gumelar dalam sambutan tertulis yang dibacakan Hj Suryani Ahyar Abduh mengatakan, Hari Ibu merupakan peringatan terhadap nilai-nilai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang mendambakan nilai persatuan dan kesatuan Indonesia, nilai kebangsaan Indonesia,… selengkapnya…. […]

Leave a Reply