Cangkang Sawit, Bahan Bakar Paling Efektif

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Kalangan DPRD Lombok Timur, meminta semua perusahaan tembakau yang ada di Lotim, agar mengarahkan petani mitranya untuk menggunakan cangkang sawit sebagai bahan bakar. Karena, cangkang sawit ini dianggap sebagai salah satu bahan bakar yang paling efektif untuk omprongan tembakau virginia.

Wakil Ketua DPRD Lotim, Daeng Paelori mengatakan, Pemkab Lotim sudah memiliki komitmen untuk menggunakan cangkang sawit sebagai bahan bakar alternatif bagi petani tembakau. Ini untuk menghilangkan kegelisahan petani tembakau akan bahan bakar yang digunakan untuk omprongan tembakau.

‘’Nanti Pemda akan bersurat ke semua perusahaan tembakau, agar para petani mitra perusahaan tembakau itu bisa menggunakan cangkang sawit sebagai bahan bakar untuk omprongan tembakaunya,’’ kata Daeng Paelori kepada wartawan, di ruang kerjanya, Jumat (28/12).

Daeng mengatakan, jika melihat hasil petani tembakau yang menggunakan cangkang sawit sebagai bahan bakarnya, ternyata memperoleh hasil yang sangat bagus. Bahkan, mampu menekan biaya untuk pengomprongan tembakau sekecil mungkin.

Jika dibandingkan dengan saat petani menggunakan minyak tanah untuk omprongan tembakaunya, bisa menghabiskan minyak tanah seharga Rp 20 juta, untuk satu musim panen saja. Tapi, bila menggunakan cangkang sawit tersebut, petani hanya menghabiskan biaya sebesar Rp 10 juta, dalam satu kali musim panen.

Sebelumnya, petani banyak menggunakan bahan bakar alternative batubara untuk omprongan tembakau, tapi hasilnya tidak terlalu bagus dan lebih parahnya terjadi polusi udara. Begitu juga bila menggunakan bahan bakar kayu, tentu akan terjadi illegal logging. Itu sebabnya, kalangan dewan dan Pemda mengambil inisiatif menggunakan cangkang sawit itu, dan ini akan sangat menguntungkan bagi petani tembakau.

‘’Kami sudah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke wilayah Kalimantan untuk melihat langsung manfaat cangkang sawit ini,’’ ungkapnya.

Daeng yang juga Ketua DPD Partai Golkar Lotim menjelaskan, menyangkut pengadaan cangkang sawit, pihaknya akan bekerjasama dengan Pemda di Kalimantan. Tentu dengan memanfaatkan Perusahaan Daerah (Perusda ) yang ada di Lotim. Karena, kebutuhan cangkang sawit untuk pengomprongan tembakau virginia dalam satu musim tanam bisa mencapai 120 ribu ton. Sementara cangkang sawit di Kalimantan, sangat banyak, dan cukup untuk memenuhi kebutuhan omprongan tembakau.

‘’Ketimbang menggunakan batubara dan kayu bakar, lebih mending menggunakan cangkang sawit, yang kualitas hasil open tembakau sangat bagus,’’ ungkapnya.(sr)

Kirim Komentar

Leave a Reply