Dipertanyakan Tunjangan Kesra Belum Cair

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Belasan ribu Pegawai Negeri Sipil  (PNS) dan guru negeri di lingkup Pemkab Lotim mempertanyakan tunjangan Kesra yang masih tersisa dua bulan, Nopember-Desember 2012, sampai saat ini belum dicairkan.

Dimana, masing-masing PNS memperoleh tunjangan Kesra yang belum dibayar selama dua bulan sebesar Rp400 ribu, sementara sekarang sudah memasuki tahun anggaran 2013. Total keseluruhan uang Kesra PNS yang belum dibayar mencapai Rp5,1 miliar lebih.

Sehingga ini yang membuat seluruh PNS merasa gelisah dan galau, takutnya tunjangan Kesra mereka tidak dikeluarkan oleh Pemkab setempat. Apalagi itu menjadi hak PNS untuk diberikan setiap bulannya.

‘’Kenapa pemerintah belum membayar sisa uang Kesra kami selama dua bulan terakhir (Nopember-Desember 2012). Padahal, sekarang sudah memasuki tahun anggaran 2013,’’ kata seorang PNS di lingkup Pemkab Lotim yang minta identitasnya dirahasiakan, kepada Lomboktoday.co.id di Selong, Lotim, Rabu (2/1).

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Anggaran, Akutansi dan Keuangan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (PPKA) Lotim, M Hasni saat dikonfirmasi membenarkan bila Pemkab Lotim belum membayarkan sisa uang Kesra PNS selama dua bulan terakhir, yakni Nopember dan Desember 2012.  Hal ini karena adanya keterlambatan mengenai keluarnya sumber penerima dana bagi hasil dari Pemprop NTB yang tidak turun, seperti hasil pajak tersebut.

Hasni menyebutkan jumlah keseluruhan tunjangan Kesra yang belum dibayarkan mencapai Rp5,1 milyar lebih, sehingga para SKPD untuk mengganti rujukan anggaran tahun 2013. Karena permasalahan Kesra ini merupakan pelayanan rutin yang tentunya tidak akan melanggar aturan main yang ada, kalau dibayarkan pada bulan Januari 2013.

‘’Yang jelas, kami akan tetap membayarkan tunjangan Kesra untuk dua bulan yang belum dibayarkan itu, dengan pembayaran akan dilakukan pada Januari ini, karena sekarang anggarannya sudah ada,’’ katanya.

Hasni meminta semua PNS di Lotim untuk tidak usah resah dan gelisah mengenai tunjangan Kesra itu, karena hal ini menjadi tanggungjawab Pemkab Lotim untuk membayarnya sesuai ketentuan yang berlaku. ‘’Kalau Pemkab Lotim tidak membayar tunjangan Kesra, tentunya tetap menjadi hutangnya. Tapi, dalam waktu dekat ini, PNS sudah bisa menikmati pembayaran sisa tunjangan Kesra itu,’’ ungkapnya.(sr)

Kirim Komentar

Leave a Reply