Taman Loang Baloq, Tempat Rekreasi dan Mengais Rezeki

Inilah Taman Loang Baloq yang berada di pinggir pantai Tanjung Karang, Kota Mataram.
Inilah Taman Loang Baloq yang berada di pinggir pantai Tanjung Karang, Kota Mataram.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Bagi masyarakat Pulau Lombok, mendengar kata ‘Loang Baloq’ pasti akan berpikir ke sebuah makam atau kuburan. Makam Loang Baloq, memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Lombok.

Tapi yang satu ini adalah nama tempat rekreasi, yaitu Taman Loang Baloq. Lokasinya di sebelah barat Makam Loang Baloq, persis di pinggir pantai Tanjung Karang, Kota Mataram.

Setiap sore hari, Taman Loang Baloq, selalu ramai oleh pengunjung yang datang dari berbagai penjuru. Maklum, Taman Loang Baloq ini agak lebih rapi, terdapat kolam yang besar, dilengkapi oleh beberapa berugak (sekepat) yang terletak di berbagai sudut, ada juga tempat permainan anak-anak, dan disediakan fasilias mushala. ‘’Kalau sore hari, kami bisa menikmati indahnya sunset,’’ kata para pengunjung.

Keberdaan Taman Loang Baloq ini, bukan sekadar menjadi tempat rekreasi semata, tapi juga menjadi tempat untuk mengais rezeki bagi warga penduduk sekitarnya. Dimana, dengan mendirikan tenda-tenda di atas trotoar pinggir jalan, mereka menjajakan sejumlah kebutuhan yang sering dicari pengunjung. Mulai dari kopi, rokok, makanan ringan hingga kebutuhan lainnya.

‘’Kami sangat senang dengan adanya taman ini, karena kami bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan sekolah anak kami dari hasil jualan di taman ini, meskipun masih minim,’’ kata salah seorang pedagang di Taman Loang Baloq, Ibu Merah.(kh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.