Akses ke Wisata Lotim Selatan Belum Memadai

Inilah potret salah satu pantai di Lotim bagian Selatan yang terlihat sangat menakjubkan.

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Akses menuju ke lokasi wisata di wilayah Lombok Timur bagian Selatan, hingga saat ini belum begitu memadai. Sehingga, hal ini menjadi salah satu kendala bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, yang hendak mengunjungi lokasi wisata tersebut.

Padahal di wilayah ini, banyak sekali terdapat lokasi wisata yang sangat menjakjubkan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Seperti, pantai Pink, pantai Syurga, pantai Tanjung Ringgit, dan beberapa lokasi wisata alam lainnya.

Camat Jerowaro, Purnama Hady mengatakan, beberapa lokasi wisata yang ada di wilayah Lotim bagian Selatan ini, sebenarnya menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat menarik dari sekian jumlah lokasi wisata di Pulau Lombok ini. Tapi, lantaran Pemkab Lotim belum begitu maksimal dalam mengelola dan membenahi lokasi wisata tersebut, menyebabkan tingkat kunjungan belum begitu signifikan. Jika saja, infrastruktur jalan menuju ke lokasi wisata tersebut memadai, Purnama Hady, menyakini tingkat kunjungan wisata akan signifikan.

‘’Akses menuju ke beberapa lokasi wisata itu memang perlu segera kita benahi, baik menyangkut sarana prasarana dan inftrastruktur lainnya. Itulah sebabnya kami terus melakukan pembenahan dan perubahan-perubahan untuk mewujudkan Lotim sebagai negeri wisata sejuta pesona,’’ katanya.

Purnama Hady mengakui, pihaknya tidak bisa berbuat banyak, tanpa adanya dukungan penuh dari masyarakat. Jadi, pihaknya mengharapkan dukungan itu untuk melakukan pembenahan terhadap sejumlah lokasi wisata tersebut, sehingga nantinya mampu membangkitkan tingkat perekonomian masyarakat, terutama yang tinggal di sepanjang pantai.

‘’Pemkab saat ini, memang tengah konsentrasi mengangkat sektor pariwisata unggulan di Lotim dengan berbagai program dan event. Promosi wisata sampai ke mancanegara, pun sudah dilakukan. Selain itu, Pemkab Lotim juga serius untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai lokomotif utama pertumbuhan dan pengembangan ekonomi daerah,’’ ungkapnya.

Guna meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke daerah ini, Pemkab Lotim kini bekerjasama dengan pihak swasta, untuk terus melakukan berbagai promosi.(kh)

1 Komentar

  1. Med Moegni08/01/2013 at 08:52Reply

    Almarhum Haji Ahmad Akeang seorang tokoh dan pelaku pariwisata dimasa hayatnya pernah menyampaikan pendapatnya (saya dengar sendiri)megatakan bahwa “kalau anda ingin melihat Lombok datanglah ke Lombok Timur”.Itu artinya Lombok Timur memiliki modal dasar yang cukup dan kuat untuk menarik minat wisatawan domestik terutama mancanegara yaitu SEA SAND AND SUN PLUS.Plusnya itu yang tidak ditengok,diabaikan,tidak dipelihara yaitu beragam atraksi budaya dan seni yang sangat mendukung indahnya panorama terutama di bagian selatan yang membentang dari Teluk Ekas sampai kawasan Sekaroh Tnjung Ringgit.Haruskah kita menghayal seandainya sepotong bumi dibagian selatan Lombok Timur itu bisa dipindah ke Bali apa jadinya?Nah benahilah dulu prasarana,infrastruktur dan hidup kembangkan atraksi budaya dan seni melalui penyenggaraan event yang baik dan terjadwal.Bukankah usaha pariwisata itu mengarapkan duit wisatawan dari kunjungan dan lama tinggalnya.Ini belum belum sudah banyak bicara tentang promosi.Itu bagus tapi juallah barang jadi atau minimal setengah jadi jangan menjual “akan”.Yang sangat memalukan dan menghancurkan program pembangunan keparisataan adalah tatkala yang diucapkan dan diperkenalkan dalam event promosi diluar daerah atau mancanegara tidak sesuai dengan kenyataan tatkala wisatawan berkunjung kedaerah ini.Sebenarnya para pejabat pemerintah Instansi terkail tidak repot terjun langsung dalam kerja promosi apalagi ‘LEHA LEHA HOW ARE YOU” ke luar negeri.Itu sekedar proyek anggaran.Singkatnya benahi prasarana,infrastruktur untuk tumbuh kembangnya “sea sand sun plus” dukung para pelaku usaha wisata melalui kebijakan aturan dan program yang menguntungkan___nanti biar mereka yang melakukan upaya promosi(dan mereka lebih dipercaya oleh invewstor dan wisatawan),karena mereka sangat berkepentingan dan sangat tahu caranya.
    (sebagi tanggung jawab penulis komentar ini menunggu respon Pejabat terkait Pemkab Lombok Timur dan para pelaku usaha wisata)

Leave a Reply