Pembangunan BLK International Capai 50 persen

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) International di Desa Lenek Daya, Kecamatan Aikmel, Lotim, hingga saat ini baru mencapai 50 persen. Sehingga, proyek yang menghabiskan anggaran Rp 350 miliar lebih ini, perlu terus dikebut, mengingat pembangunannya harus sudah rampung pada tahun 2013 ini.

Seperti diketahui, di Indonesia terdapat empat lokasi pembangunan BLKI, yakni di Sidiorjo, Jatim, Pangkat, Sulawesi dan kalimantan, serta yang keempatnya di Lotim, NTB.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Lotim, H Sirman mengatakan, pembangunan fisik BLKI terus dikebut agar bisa rampung sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Karena, semua anggaran pembangunan berasal dari pemerintah pusat, sedangkan Kabupaten Lotim hanya sebagai pelaksana dalam pembangunan tersebut.

‘’Kapasitas bangunannya, bisa menampung sebanyak 700 orang yang akan dilatih dan diberikan ketrampilan. Dan luas lahan mencapai 15 Hektar,’’ katanya.

Jika melihat rincian anggaran yang ada, kata Sirman, dari sejak pembangunan BLKI, tahun 2010 lalu anggarannya sebesar Rp32 miliar, tahun 2011 Rp1 miliar, tahun 2012 Rp28 miliar dan tahun 2013 sebesar Rp37 miliar. Dan arah penggunaan anggaran tahun 2013, untuk pembangunan sarana dan prasarana BLKI termasuk asramanya.

Kapasitas mesin listrik yang dibutuhkan BLKI mencapai 2 Mega itu, tidak ada masalah. Karena bisa ditangani dengan bekerjasama pihak PLN. Berbagai ketrampilan yang akan dibuka BLKI, membutuhkan mesin, karena semua alatnya berhubungan dengan mesin. ‘’Dalam kegiatan yang akan dilakukan oleh BLKI nanti, mengacu pada pendidikan berbasis keterampilan dan wisata, yang tentunya akan bisa memberikan nuansa baru bagi pembangunan di Lotim,’’ ungkapnya.(sr)

Response (1)

  1. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan dengan lancar, pokoknya jangan sampai terjadi kongkalikong lah, karena masyarakat sudah jenuh dengan semua itu

Leave a Reply

Your email address will not be published.