PAD Kota Mataram Lampaui Target

Kepala Dispenda Kota Mataram, M Syakirin Hukmi

Kepala Dispenda Kota Mataram, M Syakirin Hukmi.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mataram tahun 2012 yang dikelola Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Mataram, sudah melampaui target yang ditentukan yakni sebesar Rp78 miliar menjadi Rp88 miliar atau mencapai 111 persen.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Mataram, M Syakirin Hukmi mengatakan, PAD yang dikelola langsung oleh Dispenda Kota Mataram, sudah mencapai target, bahkan melampaui target yang semula sebesar Rp78 miliar menjadi Rp88 miliar.

Begitu pula terhadap penerimaan PBB tahun 2012, juga sudah terealisasi sesuai target, bahkan melampaui target yang awalnya ditargetkan Rp39 miliar, tapi yang terealisasi mencapai Rp44 miliar lebih. ‘’Ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat kita untuk membayar pajak masih tinggi,’’ katanya kepada Lomboktoday.co.id di kantornya, Kamis (10/01).

Dari sektor hasil pengelolaan kekayaan daerah, kata Syakirin, seperti Bank BTN, BPR dan PDAM, hanya PDAM yang belum masuk datanya sampai akhir tahun 2012. Sedangkan retribusi parker, tidak mencapai target, yang semula sebesar Rp15,7 miliar, tapi yang terealisasi hanya Rp15,1 miliar.

‘’Masing- masing pengelola retribusi parker, nanti akan kami mintai penjelsan mengenai target yang tidak tercapai. Sedangkan untuk yang lainnya, akan diminta pihak SKPD untuk menjelaskannya,’’ ungkapnya.

Sementara untuk tahun 2013 ini, secara keseluruhan target pendapatan sebesar Rp90 miliar. Dari angka tersebut, target untuk pajak sebesar Rp50 miliar, sisanya untuk retribusi, hasil pengelolaan kekayaan daerah dan lain-lain PAD yang sah.

Keamanan dan kenyamanan Kota Mataram sangat berperan aktif dalam meningkatkan pendapatan daerah. Hal ini merupakaan wujud keseriusan Pemkot Mataram dengan menggerakkan sektor  dalam pencapaian target, dan diharapkan capaian tersebut dapat dimanfaatkan untuk merealisasikan program Pemkot guna mensejahterakan masyarakat.(kh)

Kirim Komentar

Leave a Reply