Walikota Serahkan 514 Paket Sembako ke Nelayan

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh saat memberikan paket sembako secara simbolis.

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh saat memberikan paket sembako secara simbolis.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Walikota Mataram, H Ahyar Abduh didampingi Ketua TP PKK Kota Mataram, Hj Suryani Ahyar Abduh menyerahkan secara simbolis 514 paket sembako kepada nelayan di sepanjang pantai Kota Mataram yang menjadi korban gelombang pasang, di pinggir pantai Penghulu Agung Kota Mataram, Kamis (10/1).

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh, mengatakan, paket bantuan ini merupakan, bentuk perhatian Pemkot Mataram kepada nelayan yang terkena langsung gelombang pasang, yang tidak bisa melaut. Ini sekaligus menjadi motivasi bagi para pengusaha, organisasi-organisasi yang ada di Kota Mataram serta masyarakat yang memiliki kelebihan dana, agar ikut memberikan perhatiannya kepada warga yang terkena dampak dari angin Barat.

Bencana gelombang pasang yang terjadi di Kota Mataram, tetap menjadi prioritas Pemkot Mataram. Karena itu, saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tagana tetap stanbay di kawasan pesisir. Dengan demikian, situasi dan kondisi masyarakat nelayan segera terinformasikan, dan tindakan-tindakan dapat segera dilaksanakan.

Di sisi lain, untuk mengurangi dampak gelombang pasang, Pemkot Mataram telah membangun empat unit Growing (tumpukan batu-batu besar) sepanjang 50 meter menjorok ke pantai dengan jarak 100 meter. Fungsinya, sebagai alat pemecah gelombang seperti jetty. Sedangkan untuk program jangka panjangn, Pemkot Mataram telah melakukan relokasi nelayan dalam dua tahap ke perumahan nelayan di kawasan Gatep. Saat ini, tersisa tinggal 50 rumah yang relokasinya sedang dipersiapkan.

Dari hasil penelitian para ilmuan menyebutkan, saat ini permukaan air laut dengan daratan hanya berbeda 7 cm. Hal itu terjadi, karena ulah masyarakatnya. Oleh karena itu, Walikota menghimbau, agar masyarakat di pinggir pantai bisa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Pada kesempatan itu, Walikota juga menjelaskan, sepanjang pantai Kota Mataram akan dijadilan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dilengkapi dengan pembangunan lapak-lapak PKL, serta berbagai fasilitas olahraga dan bermain yang bermanfaat bagi masyarakat, sehingga menjadi obyek wisata dan icon Kota Mataram. ‘’Potensi pantai yang kita miliki, harus dioptimalkan. Karena, tidak semua daerah yang memiliki potensi laut seperti Kota Mataram,’’ katanya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, H Muharrar menyebutkan, sebanyak 514 paket sembako yang berisi beras, mie instan, sarden dan kecap berasal dari  BPBD 315 paket, dan Dinas Sosial 200 paket. ‘’Selain paket sembako, kami juga akan menyerahkan bantuan material bagi warga nelayan yang rumahnya rusak akibat gelombang pasang, tentunya akan diindentifikasi dulu,’’ katanya.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply