Penyaluran KUR 2013 Ditargetkan Rp37 T

JAKARTA, Lomboktoday.co.id—Pemerintah Indonesia menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2013 sebesar Rp37 triliun atau meningkat Rp7 triliun dari tahun sebelumnya.

‘’Bahkan, target pembiayaan pada tahun sebelumnya sebesar Rp32,6 triliun, melampaui target dari yang direncanakan,’’ kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Syarifuddin Hasan di Jakarta, Jumat (11/1).

Syarifuddin mengatakan, total penyaluran KUR yang dilakukan perbankan nasional sejak pertama kali sampai dengan tahun lalu,  telah mencapai Rp96 triliun, dan diharapkan pada tahun ini bisa melebihi Rp100 triliun secara akumulatif. ‘’Jumlah debiturnya juga akan meningkat dari 1,8 juta debitur menjadi 2 juta debitur pada tahun ini,’’ ungkapnya.

Ke depan, jelas Syarifuddin, sektor perikanan akan lebih disasar untuk mendapat penyaluran KUR. Pasalnya, selama ini nelayan dinilai kurang tertarik dalam program KUR akibat sulitnya akses ke perbankan.

‘’Kita akan mendorong perbankan untuk membuat distribusi sampai ke nelayan-nelayan karena sentra kemiskinan ada di nelayan. Bank yang paling banyak channel-nya adalah BRI dan BPR, maka akan lebih ditingkatkan,’’ ujarnya.(ar/keu)

Kirim Komentar

Leave a Reply