Anggaran Pemilukada Belum Cair, KPUD Galau

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lombok Timur merasa galau dan gelisah, lantaran belum cairnya sampai saat ini sisa anggaran Pemilukada yang berjumlah sebesar Rp20,9 miliar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim.
Sementara anggaran Pemilukada Lotim yang sudah dicairkan oleh Pemkab setempat baru hanya Rp1 miliar dari jumlah keseluruhannya sebesar Rp21,9 miliar. Padahal, sebelumnya Pemkab setempat telah menjanjikan anggaran Pemilukada
sebesar Rp25 miliar.

‘’Yang jelas, kami merasa galau dan gelisah sekali dengan belum dicairkannya semua anggaran Pemilukada Lotim oleh Pemkab hingga saat ini, sedangkan proses tahapan sudah dimulai pada bulan Nopember lalu,’’ kata Ketua Divisi Logistik dan Anggaran KPUD Lotim, Khalidi kepada wartawan, di kantor KPUD Lotim, Sabtu (12/1).

Khalidi mengatakan, anggaran Pemilukada Lotim 2013 yang berjumlah Rp21,9 miliar, dinilai sudah sangat realistis, setelah dilakukan pengecekan kembali. Belum lagi ditambah dengan dana sharing dari Pemprop sebesar Rp6,7 miliar. Pihaknya sudah menandatangani MoU dana hibah Pemilukada Lotim antara pemerintah daerah dengan KPUD Lotim, tapi sampai saat ini belum direalisasikan. Karena dalam aturan main yang ada anggaran Pemilukada, harus dicairkan oleh pemerintah daerah dalam dua kali pencairan. Tapi, di Lotim justeru sangat lambat, sehingga banyak program tahapan yang menjadi terganggu, seperti masalah pemuktahiran data, dan hal-hal lainnya.

Padahal, masalah DPT itu merupakan bagian yang sangat vital sekali dalam pelaksanaan Pemilukada Lotim. Karena, jika tidak beres dengan DPT, maka KPUD tentu akan digugat oleh para calon nanti.

‘’Tanggal 15 Februari 2013, Daftar Pemilih Sementara (DPS) harus sudah diumunkan. Jadi, sesuai aturan harus dilakukan pemuktahiran selama dua bulan, tapi Lotim masih terkendala masalah anggaran. Sedangkan KPUD Propinsi NTB saja, sudah melakukan,’’ ungkapnya.

Khalidi menjelaskan, seharusnya masalah anggaran Pemilukada Lotim, menjadi skala prioritas yang harus dicairkan lebih dahulu. Karena, hal ini menyangkut masalah kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Pemilukada di Lotim. Artinya, jangan disamakan dengan anggaran yang ada di SKPD Lotim yang dibisa dikeluarkan kapan saja. Tapi, ini anggaran Pemilukada Lotim yang harus dikeluarkan sesuai dengan aturan yang ada. ‘’Dari Pemda berjanji akan mencairkan anggaran Pemilukada Lotim tanggal 14 Januari 2013, sehingga ini yang kami tunggu,’’ ujarnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.