Dinas Dukcapil Bagikan 373.543 E-KTP

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Timur kini mulai membagikan E-KTP yang sudah jadi kepada masyarakat. Setidaknya, sebanyak 373.543 E-KTP dibagikan ke masyarakat melalui kantor camat masing-masing yang ada di Lotim.

‘’Kami sudah membagikan E-KTP yang telah jadi kepada masyarakat berjumlah 373.543. Sistem pembagiannya diserahkan langsung kepada pihak kecamatan,’’ kata Sekretaris Dinas Dukcapil Lotim, Suwardi, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (14/1).

Pihaknya bersyukur karena sampai saat ini belum mendapatkan komplain dari masyarakat mengenai adanya kesalahan di dalam E-KTP milik masyarakat yang sudah jadi itu, karena memang saat ini masih dalam proses pembagian ke masyarakat melalui pihak kecamatan. Tapi, jika ada komplin dari masyarakat tentang kesalahan dalam pembuatan E-KTP, tentunya harus dilakukan perubahan lagi terhadap data milik warga yang salah dalam E-KTP tersebut.

‘’Kalau ada yang salah data, kami harapkan masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak kecamatan atau Dinas Dukcapil untuk diperbaiki. Kemungkinan yang salah adalah masyarakat yang desanya mengalami pemekaran,’’ ungkapnya.

Suwardi menjelaskan, hingga saat ini jumlah masyarakat Lotim yang sudah terekam untuk pembuatan E-KTP sebanyak 474.627 orang, dengan prosentase mencapai 77 persen lebih. Ini membuktikan bila target secara nasional belum terlampaui dengan jumlah sebanyak 612.642 orang dari wajib KTP. Namun, masih tetap dilakukan perekaman E-KTP dengan menggunakan sistem reguler dan tidak mobail lagi sampai batas waktu yakni, 31 Oktober 2013 mendatang. Dan, semua biaya ditanggung oleh pemerintah pusat.

Mengenai alat yang dipinjamkan untuk mendukung dan mempercepat program E-KTP dari beberapa kabupaten di NTB maupun Pulau Jawa, sudah dikembalikan. Seperti pinjaman alat dari KSB sebanyak empat unit, Kota Mataram enam unit, Kota Bima Sembilan unit, dari Jakarta dan Jawa Timur sudah dikembalikan.

‘’Alat yang ada di masing-masing kecamatan saat ini berjumlah dua unit, untuk mendukung program E KTP. Untuk bisa mengambil E-KTP yang sudah jadi, tentunya masyarakat harus menukarkannya dengan KTP sebelumnya,’’ ujarnya.(sr)

Responses (2)

  1. PAk,, gimana cara menggambil e KTP kalau warga lotim yang tinggal di jawa. apa boleh diwakilkan oleh keluarga?
    soalnya kita kuliah dan tikak bisa pulang. terimakasih

  2. Mohon penjelasan terkait dengan hasil rekaman data e-KTP saya padahal teman-teman yang lain sudah jadi, kenapa saya yang lebih awal melakukan perekaman kok masih belum jadi…….?
    selanjutnya banyaksekali KTP yang tertukar di setiap dusun. mohon mekanisme penyaluran KTP yang lewat desa tolong diteliti dengan baik?

Leave a Reply

Your email address will not be published.