Bazda Bantu Sejahterakan Masyarakat

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Mataram yang merupakan mitra Pemkot Mataram, memiliki peran yang sangat penting dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berbagai program yang telah dilaksanakan Bazda di berbagai bidang, diantaranya; bantuan rehab rumah tidak layak huni, beasiswa, bantuan modal usaha dan lainnya yang sejalan dengan program Pemkot Mataram.

‘’Pemkot sangat terbantu dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Bazda, apalagi Bazda tetap melakukan koordinasi dalam pelaksanaannya,’’ kataWalikota Mataram, H Ahyar Abduh dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Kota Mataram, HL Makmur Said pada pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Bazda di ruang Kenari Kantor Walikota Mataram, Selasa (15/1).

Walikota mengatakan, mulai tahun 2012 lalu, Bazda telah membantu pemerintah dalam menyalurkan santunan kematian yang jumlahnya mencapai 2.150 orang, serta memberikan bantuan beras kepada para lansia berusia 60 tahun ke atas sebanyak 2.000 orang setiap bulannya yang dilakukan melalui kelurahan masing-masing sebanyak 5 kg.

Terkait dengan peran Bazda yang sangat strategis ini, Pemkot Mataram akan terus mendorong agar seluruh lapisan masyarakat, terutama pegawai di lingkup Pemkot Mataram, dapat sepenuhnya menitipkan ZIS kepada Bazda, begitu juga dengan zakat mal dari pegawai, bisa disisihkan hingga 2,5 persen dari pendapatan.

Sementara Ketua Bazda Kota Mataram, H Mahsar Malaca mengatakan, rakor Bazda yang diikuti 85 peserta dari dewan pertimbangan, pengawas, pelaksana serta semua kepala SKPD lingkup Pemkot Mataram, bertujuan untuk melakukan evaluasi kinerja tahun 2012, menyusun rencana kerja 2013, penyampaian laporan dan upaya peningkatan kerjasama dengan pihak lain.

Selain itu, untuk mencari solusi terhadap hambatan dan kendala dalam program Bazda. Salah satunya, image masyarakat tentang pengelolaan zakat yang kurang menyakinkan, atau sosialisasi yang perlu ditingkatkan.

‘’Untuk itu, kita berharap dalam rakor ini, kita memperoleh informasi dan masukan dari semua dewan yang ada,’’ katanya.

Tahun 2012 lalu, Bazda berhasil menghimpun Zakat Infak dan Sadaqah (ZIS) sebesar Rp2,6 miliar lebih. Dari dana ZIS tersebut, telah disalurkan melalui berbagai program rutin Bazda, antara lain, beasiswa, bimbingan belajar gratis, bantuan ekonomi masyarakat, dan bantuan rehab rumah tidak layak huni.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply