Satu Jalur di Lotim Kurangi Laka Lantas

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Sejak mulai diberlakukan satu jalur oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur pada Nopember 2012 lalu, tentu memiliki dampak yang sangat positif terhadap angka kecelakaan lalu lintas. Betapa tidak, beberapa bulan terakhir ini, angka kecelakaan lalu lintas mulai menurun di wilayah hukum Polres Lotim.

Kasat Lantas Polres Lotim, AKP Eliantoro J. saat dikonfirmasi membenarkan bila pemberlakukan satu jalur itu bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, baik kendaraan roda dua maupun empat. Sehingga, hal ini tentu patut disyukuri oleh semua kalangan.

‘’Kami tidak menampik kalau pemberlakuan satu jalur bisa menurunkan angka laka lantas di Lotim. Pemberlakukan satu jalur saat ini, sudah definitif dan tidak dalam uji coba lagi. Sehingga, setiap masyarakat yang melanggar, akan diberikan sanksi.

Mantan Kasat Lantas Polres KSB itu menjelaskan, dari
catatan yang ada mengenai kasus laka lantas di Lotim tahun 2012, mencapai sebanyak 486 kasus. Dari kasus tersebut, yang meninggal dunia sebanyak 67 orang, luka berat sebanyak 43 orang dan luka ringan sebanyak 624 orang, dengan kerugian mencapai sebesar Rp515 juta.

Kasus laka lantas sebanyak 486 kasus tahun 2012 itu, mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun 2011 yang mencapai 586 kasus, dan meninggal dunia sebanyak 73 orang, luka berat sebanyak 55 orang dan luka ringan sebanyak 775 orang, dengan total kerugian sebesar Rp663 juta.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.