Harga Daging Meroket

MEROKET: Harga daging sapi menjelang perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1434 H melonjak drastis. Dok/Lomboktoday.co.id
MEROKET: Harga daging sapi menjelang perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1434 H melonjak drastis. Dok/Lomboktoday.co.id
MEROKET: Harga daging sapi menjelang perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1434 H melonjak drastis. Dok/Lomboktoday.co.id

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Harga daging sapi kini melonjak drastis, seiring dengan semakin dekatnya perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1434 Hijriyah. Buktinya, harga daging sapi di Pasar Induk Mandalika Bertais, Jumat (18/1), sudah menembus angka Rp95.000 per kilogram.

‘’Harga daging sapi sekarang ini sudah naik pak, dan kenaikan harga itu sudah mulai sejak dua minggu yang lalu,’’ kata salah seorang pedagang daging sapi, Rusmini ketika ditemui Lomboktoday.co.id di Pasar Induk Mandalika Bertais, Jumat (18/1).

Rusmini mengatakan, dari harga sebesar Rp95.000 per kilogram itu, harga daging sapi ini terjadi kenaikan sebesar Rp20.000 bila dibandingkan dari harga sebelumnya yang mencapai Rp75.000 per kilogram. Meski harganya naik, namun dari stok daging sapi yang disediakan setiap harinya sebanyak 50 kilogram itu, rata-rata selalu habis. Artinya, permintaan terhadap daging sapi oleh masyarakat saat ini, memang mengalami peningkatan menjelang tibanya Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Hanya saja, atas keterbatasan modal yang dimilikinya, menyebabkan wanita 51 tahun itu, tidak mampu untuk menyetok daging sapi yang lebih banyak. ‘’Saya itu hanya berani menyetok daging sapi sebanyak 50 kilogram per hari. Selain kurang modal, saya juga tidak berani stok banyak, karena takut tidak akan habis,’’ ungkapnya.

Disinggung berapa perolehan keuntungan, warga Seganteng ini mengaku tidak terlalu memperhatikan berapa perolehan bersih keuntungan dari hasil penjualan daging setiap harinya. Ia sangat bersyukur dari perolehan keuntungan sedikit itu bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, dan membantu biaya sekolah putra-putrinya.

Tak hanya daging sapi saja yang mengalami kenaikan, harga daging ayam ras dan ayam kampung juga mengalami hal serupa. Harga daging ayam bloiler, kini sudah berada pada angka Rp30.000-Rp35.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp25.000 per kilogram. Begitu juga pada daging ayam kampung, kini harganya sudah mencapai Rp65.000 per kilogram, dari harga sebelumnya Rp45.000 per kilogram. ‘’Disamping permintaan cukup tinggi terhadap daging ini, juga stoknya yang terbatas,’’ kata Yani, salah seorang pedagang daging ayam bloiler di Pasar Mandalika Bertais.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.