FPBS Adakan Pementasan Drama

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Mataram mengadakan pementasan drama (drama show) dan pembacaan puisi (reading poems), di Aula Handayani, kampus setempat, Sabtu malam (19/1).

Kegiatan itu atas inisiatif Dosen Pengampu Mata Kuliah Drama dan Intro to Literature Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP Mataram, Jumatriadi, SS, MPd.

Jumatriadi mengatakan, kegiatan ini diadakan sebagai salah satu upaya untuk melihat kemampuan mahasiswa-mahasiswi dalam memahami materi yang diberikan di dalam kelas. Selain itu, juga sebagai alternative dalam pengambilan nilai semester. Mengingat, kegiatan seperti ini sangat langka dilakukan oleh para dosen. Sebab, pada umumnya dosen Bahasa maupun di luar Bahasa, banyak sekali mengajarkan teori, namun tidak diaplikasikan dalam bentuk praktek (tekstual dan tidak dikontekstualkan, Red).

‘’Alhamdulillah, antusias mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti kegiatan ini sangat tinggi, terlihat dari motivasi dan semangat mereka ketika mulai hingga berakhirnya pementasan itu. Adapun peserta berjumlah 455 orang, terdiri dari 30 kelompok drama, 30 orang pembaca puisi, yang berasal dari Semester III dan VII,’’ kata Jumatriadi kepada Lomboktoday.co.id di Kampus IKIP Mataram, Sabtu malam (19/1).

Yang lebih menarik lagi, kata Mr Redy, begitu Jumatriadi biasa disapa, mahasiswa mampu mengkombinasikan antara materi drama dan puisi dalam bentuk dramatisasi dan musikalisasi puisi.

Dari peserta tersebut, tambah Mr Redy, akan dipilih 10 kelompok peserta drama show terbaik , dan 10 peserta pembaca puisi terbaik. Dan sebagai penghargaan, peserta diberikan sertifikat.

Kegiatan yang berlangsung hingga larut malam itu, dihadiri oleh Sastrawan tamu, Aji Turmudzi, merupakan salah satu dari 20 Sastrawan Mastera (Majelis Sastra Asia Tenggara) 2012, pada program penulisan puisi tingkat Asia Tenggara.

Dalam kesempatan itu, Aji memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak inisiator, dengan menyempatkan diri untuk menyuguhkan dua buah puisi karyanya, yang membuat para peserta pentas menjadi terkesima dan terhipnotis. Karena, Aji mengelaborasikan pembacaan puisi dengan theatrical.

Sementara itu, sebagian besar peserta mengaku sangat bangga dan senang terhadap kegiatan ini. Sebab, metode yang diterapkan oleh Mr Redy, memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa, khususnya IKIP Mataram.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply