Naik Insentif Kades, Kaur dan Kadus

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pemerintah Kabupaten Lombok Timur tahun ini mulai menaikkan insentif bagi para kepala desa (Kades), kaur (kepala urusan) di pemdes, dan kepala dusun (Kadus) di Lotim.

Untuk insentif kades, naik menjadi Rp2 juta dari sebelumnya Rp1,1 juta pada 2012 lalu, insentif kaur dan kadus sebesar Rp1,2 juta dari sebelumnya Rp450 ribu. ‘’Komitmen Pemkab menaikan insentif bagi kades, kaur dan kadus se-Lotim, agar bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,’’ kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lotim, H Mohzana kepada wartawan, di ruang
utama kantor Bupati Lotim, Selasa (22/1).

Dikatakannya, Pemkab sudah menganggarkan kenaikan insentif kades, kaur dan kadus pada APBD 2013, dan tinggal menunggu realisasinya saja. Mengenai jumlah desa/kelurahan yang ada di Lotim, sampai saat ini mencapai 254 desa/kelurahan.

Mohzana menjelaskan, uang insentif ini sebagai pengganti dari tanah pecatu tersebut, mengingat banyak kades yang mengembalikan tanah pecatu lantaran tanah pecatu tersebut dinilai kurang produktif.

‘’Untuk ADD tahun 2013 sebesar Rp82 miliar, mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp58 miliar,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.