E-KTP Dibagikan Serentak

KLU, Lomboktoday.co.id—Warga Kabupaten Lombok Utara (KLU)  akan segera menerima E-KTP (KTP elektronik) yang telah direkam datanya pada tahun lalu. Rencananya, pembagian E-KTP yang sudah jadi, akan dilakukan serentak pada 11 Februari mendatang. Penyerahan e-KTP akan didistribusikan melalui kecamatan masing-masing.

‘’Insya Allah E-KTP akan mulai dibagikan kepada masyarakat. Sebelum dibagikan, kami akan melakukan sosialisasi kembali kepada para camat dalam acara yang akan kami gelar nanti pada 11 Februari mendatang,’’ kata Sekretaris Dinas Dukcapil KLU, H Rubain kepada Lomboktoday.co.id di kantornya, Rabu (23/1).

Rubain menjelaskan, pendistribusian E-KTP langsung melalui RT dan RW setempat. Sehingga, warga tidak perlu mengambil di kantor desa atau kecamatan setempat. Pengambilan E-KTP tidak akan dicek lagi melalui card reader untuk membaca data yang ada di chip tertanam di E-KTP.

Saat pembagian E-KTP tersebut, lanjutnya, warga pemilik E-KTP diwajibkan menukar dan menyerahkan KTP lama (manual) kepada para petugas, agar penduduk tidak lagi memiliki kartu identitas ganda. Pihaknya masih membuka kesempatan kepada warga KLU yang belum melakukan perekaman data E-KTP di kecamatan masing-masing. Mengingat perekaman data masih diperpanjang sampai Oktober 2013  mendatang.

Dari total 151.152 orang, Dinas Dukcapil KLU hanya mampu merekam data penduduk sebanyak 132 ribuan orang. Namun, E-KTP yang sudah tercetak, baru diterima dari pusat sebanyak 90 persen.(kh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.