Jalan Pusuk-Pemenang Lumpuh Total

LUMPUH: Jalan jalur Pusuk-Pemenang lumpuh total akibat terjadinya longsor susulan.
LUMPUH: Jalan jalur Pusuk-Pemenang lumpuh total akibat terjadinya longsor susulan.

KLU, Lomboktoday.co.id—Longsor susulan kembali terjadi di tebing ruas jalan Pusuk-Pemenang, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Selasa (22/1). Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Pusuk menuju Pemenang dan sebaliknya lumpuh total.

Kabid Binamarga Dinas PU NTB, H Syahdan mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 18.30 Wita, dan sekitar pukul 03.00 Wita dini hari, akibat hujan besar yang turun di wilayah KLU.

‘’Hujan yang berlangsung satu jam itu menyebabkan terjadinya longsor,’’ kata Syahdan saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (23/1).

Syahdan menjelaskan, longsoran tanah meluncur dari tebing dengan ketinggian sekitar 100 meter. Akibatnya, ruas
jalan sepanjang 30 meter tertimbun material lumpur tanah setinggi 1 meter. Sehingga kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat yang ingin melintas di jalur ini, terpaksa harus berbalik arah dan mencari jalan lain.

‘’Di kawasan ini, memang sering sekali terjadi longsor. Tapi, longsor yang terjadi sekarang ini, merupakan yang paling besar,’’ ungkapnya.

Pantauan Lomboktoday.co.id di lokasi kejadian, terlihat sejumlah petugas, yakni dari Bidang Binamarga Dinas PU NTB, Dinas Kehutanan KLU, Organisasi Masyarakat, aparat TNI dan Polri, tiba di lokasi kejadian.

Sedangkan alat berat yang diturunkan, baru satu unit, dan langsung bekerja untuk membersihkan ruas jalan dari lumpur tanah. Tapi, untuk mempercepat pembersihan ruas jalan, Bidang Binamarga Dinas PU NTB akan menambah alat berat tersebut.(kh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.