Bau Nyale ‘Tunggak’ Dirayakan Sederhana

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pemerintah Kabupaten Lombok Timur tidak akan merayakan dengan meriah (akan dirayakan sederhana, Red) perayaan ritual Bau Nyale Tunggak (Nyale Awal) yang akan dilaksanakan pada akhir Januari 2013 mendatang. Tapi, baru akan dirayakan secara meriah nanti pada saat Bau Nyale Poto (Nyale Akhir) yang direncanakan pada Maret 3013 mendatang, di pantai Kaliantan-Tampah Bolek, Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru, Lotim.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lotim, H Gufranudin mengatakan, Pemkab Lotim bersama pihak panitia tidak akan merayakan dengan meriah ritual Bau Nyale Tunggak (Nyale Awal) seperti tahun sebelumnya. Hal ini karena berbagai pertimbangan dari panitia Bau Nyale yang sudah terbentuk. Tapi, perayaan Bau Nyale akan dilakukan secara besar-besaran, nanti pada Maret 2013 mendatang.

‘’Perayaan Bau Nyale Tunggak akan dilakukan dengan biasa saja, karena puncaknya pada Bau Nyale Poto atau terakhir nantinya sesuai dengan perencanaan panitia. Dari panitia lokal Bau Nyale sudah melaksanakan rapat mengenai perayaan festival Bau Nyale tersebut,’’ katanya.

Gufranudin menjelaskan, salah satu alasan kenapa pada Nyale Tunggak ini tidak dirayakan besar-besaran, karena memberikan kesempatan kepada Kabupaten Loteng untuk merayakan festival Bau Nyale pada akhir Januari 2013 ini. Sehingga masyarakat akan terkonsentrasi untuk merayakan Bau Nyale di pantai Kuta, Loteng. Hal ini, juga sesuai dengan saran dari Dinas Budpar NTB. Tapi, bukan berarti pihaknya tidak melaksanakan perayaan Bau Nyale Tunggak itu, melainkan tetap dilaksanakan dengan sederhana saja.

Terkait kegiatan tersebut, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti pihak kepolisian maupun Satpol PP Setdakab Lotim untuk melakukan pengamanan dalam festival Bau Nyale itu, agar berlangsung aman dan lancar.(sr)

Kirim Komentar

Leave a Reply