RSUD Selong, Tempat Periksa Kesehatan Cabup/Cawabup

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lotim memutuskan untuk menunjuk RSUD dr R Soejono Selong sebagai tempat untuk pemeriksaan kesehatan bagi cabup/cawabup Lotim yang akan bertarung pada Pemilukada Lotim, 13 Mei 2013 mendatang.

Pemeriksaan kesehatan bagi cabup/cawabup Lotim tersebut, akan dilakukan pada 13-14 Februari 2013, sesuai jadwal yang telah ditentukan, dengan mengacu pada ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Ketua KPUD Lotim, M Khairil Anwar membenarkan bila IDI Lotim
menunjuk RSUD dr R Soejono Selong sebagai tempat bagi cabup/cawabup Lotim untuk melakukan pemeriksaan kesehatannya. Karena, pemeriksaan kesehatan itu merupakan salah satu syarat yang harus dilakukan oleh seorang cabup/cawabup Lotim.

‘’Berbagai perlengkapan yang menunjung jalannya pemeriksaan kesehatan bagi cabup/cawabup Lotim di RSUD dr R Soejono Selong, sudah memenuhi ketentuan yang ada,’’ kata Khairil Anwar, kepada wartawan di Selong, Minggu (27/1).

Khairil Anwar menjelaskan, untuk pemeriksaan kesehatan bagi
cabup/cawabup Lotim di RSUD dr R Soejono Selong, maka IDI membentuk tim pemeriksaan yang terdiri dari berbagai dokter spesialis yang ada. Sehingga, hasil pemeriksaannya nanti bisa transparan dan tidak ada hal-hal yang ditutupi-tutupi. Lebih-lebih pemeriksaan dilakukan dengan sangat selektif dan ketat, dengan menggunakan alat canggih yang dimiliki RSUD setempat.

‘’Biaya pemeriksaan cabup/cawabup Lotim sudah ditanggung semuannya oleh pemerintah daerah. Dan pemeriksaan yang dilakukan lebih awal, itu akan lebih baik. Sehingga cabup/cawabup nanti bisa lebih fokus dalam menyiapkan dirinya untuk kampanye ke masyarakat,’’ ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kasi Pelayanan Medis RSUD dr R Soejono Selong, Rita Rinjani mengatakan, dalam pemeriksaan cabup/cawabup Lotim, IDI telah membentuk tim pemeriksa. Hal ini mengacu pada rekomendasi KPUD Lotim kepada IDI Lotim. Karena, RSUD dr R Soejono Selong dinilai sudah cukup peralatan yang dibutuhkan dalam melakukan pemeriksaan bagi cabup/cawabup tersebut. Tapi, jika nanti membutuhkan pemeriksaan tambahan yang alatnya tidak ada di RSUD setempat, maka pihaknya akan bekerjasama dengan rumah sakit lainnya.

Dokter spesialis yang terlibat dalam tim pemeriksa kesehatan cabup/cawabup Lotim berjumlah kurang lebih 10 orang dokter. Diantaranya; dokter spesialis saraf, skiatri, bedah, kandungan, dalam, paru, radiologi, THT, mata dan jantung.

‘’Dalam memeriksa, tentu kami menjunjung kode etik, sehingga hasilnya betul-betul transparan sesuai dengan hasil pemeriksaan dari tim dokter yang telah dibentuk,’’ kata Rita Rinjani yang juga anggota tim dokter pemeriksaan cabup/cawabup Loti mini.(sr)

Kirim Komentar

Leave a Reply