Tak Berpengaruh Parpol Tarik Dukungan

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Ada isu berkembang mengenai beberapa partai politik pengusung salah satu kandidat bacabup/bacawabup Lotim periode 2013-2018 akan menarik dukungannya, tapi hal itu tidak mempengaruhi cabup/cawabup yang sudah mendaftarkan diri ke KPUD Lotim.

Ketua Pokja Pendaftaran Cabup/Cawabup KPUD Lotim, M Junaidi mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan dari pengurus parpol yang menarik dukungan politik kepada bacabup/bacawabup Lotim.

Pendaftaraan sudah ditutup satu pekan lalu, dan parpol tidak diperbolehkan untuk menarik dukungan setelah pendaftaran cabup/cawabup Lotim ke KPUD Lotim dilakukan. Itu sesuai aturan yang berlaku pada Peraturan KPU No.09 tahun 2012 tentang Pemilukada.

‘’Kalaupun ada parpol yang menarik dukungan setelah cabup/cawabup mendaftar diri ke KPUD Lotim, tentu itu tidak berpengaruh terhadap pencalonan bagi cabup/cawabup yang diusung,’’ katanya Khairil Anwar kepada wartawan di Selong, Minggu (27/1).

Dalam ketentuan mengenai persyaratan calon, sudah jelas disebutkan; adanya dukungan dari parpol atau gabungan parpol yang dikuatkan dengan surat pernyataan model BI dan B2 yang harus diisi dan dibawa bersama saat calon mendaftar ke KPUD Lotim. Parpol pengusung membuat surat pernyataan kesepakatan parpol dan pernyataan gabungan parpol untuk tidak menarik dukungan terhadap calon yang diusungnya pada Pemilukada Lotim. Sehingga, kalaupun sekarang ada parpol yang menarik dukungannya, itu sudah terlambat.

‘’Kalau alasan dari parpol ingin menarik dukungannya, karena belum ada komitmen. Itu bukan ranah KPUD Lotim, melainkan urusan parpol dengan calon yang diusung,’’ ungkapnya.(sr)

 

Kirim Komentar

Leave a Reply