Draf Raperda Hari Jadi Lotim Belum Diserahkan ke DPRD

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pemerintah Kabupaten Lombok Timur hingga kini belum menyerahkan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Hari Jadi Lotim ke DPRD Lotim, untuk dibahas dan diputuskan menjadi Perda. Sehingga memiliki kekuatan hukum yang bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Lotim.

Padahal sesuai jadwal, Raperda Hari Jadi Lotim harus sudah disahkan menjadi Perda pada Desember 2012 lalu, tapi kenyataannya justeru molor hingga akhir Januari 2013.

Assisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Lotim, H Sahabudin mengatakan, draf Raperda mengenai Hari Jadi Lotim sudah final dirumuskan oleh tim perumus dan sudah disetujui bupati Lotim. Rencananya, dalam waktu dekat ini draf Raperda tersebut akan diserahkan oleh Pemkab ke DPRD Lotim guna dibahas dan ditetapkan sebagai Perda untuk menjadi dasar kuat Pemda merayakan hari jadinya.

‘’Dari tiga acuan yang digunakan sebagai bahan pertimbangan, maka yang ditentukan hanya satu saja yang dimasukkan dalam draf Raperda Hari Jadi Lotim yang akan dibawa ke DPRD Lotim,’’ kata Sahabudin.

Sahabudin yang juga Sekretaris Tim Perumus Hari Jadi Lotim menilai, Pemkab Lotim tidak terlambat dalam mengajukan draf Raperda Hari Jadi Lotim ke legisltaif. Meski jadwal sebelumnya, penentuan Hari Jadi Lotim sudah dibahas pada Desember 2012 lalu. Tapi dengan berbagai pertimbangan, draf Raperda Hari Jadi Lotim akan dibahas oleh DPRD pada tahun 2013 ini. Karena, jika Pemkab mengajukan draf Raperda Hari Jadi Lotim pada Desember 2012 lalu, maka kalangan anggota legislatif tidak memiliki jadwal untuk memahasnya, mengingat akhir tahun.

‘’Kalaupun kami ajukan draf Raperda itu, pasti tidak akan bisa selesai pembahasan karena terbentur waktu, mengingat untuk melakukan pembahasan sebuah perda, dewan harus merapatkan terlebih dahulu,’’ ungkapnya.

Dari tim legislasi, jelas mantan Kabag Humas Lotim ini, tentu akan menjadi skala prioritas untuk dilakukan pembahasan Raperda Hari Jadi Lotim oleh DPRD Lotim. Berdasarkan komunikasi yang dilakukan antara eksekutif dengan legislatif Lotim, pembahasannya bersamaan dengan pembahasan Raperda Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan lain Pendapatan Asli Daerah yang sah. ‘’Insya Allah, tahun 2013 ini masyarakat Lotim sudah memiliki Hari Jadi-nya, dan bisa merayakannya,’’ ujarnya.(sr)

Kirim Komentar

Leave a Reply