Pencuri HP Ditangkap Warga

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Satu dari dua pelaku pencurian Hand Phone (HP) jenis Nokia di Counter Iyan Cell ditangkap warga Lingkungan Pancor Bermi, Kelurahan Pancor, Kecamatan Selong, sekitar pukul 18.30 Wita, Senin malam lalu (28/1).

Pelaku yang ditangkap itu yakni, Zul (19 tahun), warga Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun. Sedangkan temannya, Hudi (21 tahun), warga Wanasaba berhasil melarikan diri dari kejaran warga. Selanjutnya, pelaku digelandang ke Mapolres Lotim untuk proses pengembangan penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Lotim melalui Kapolsekta Selong, Iptu Prayit Hariyanto membenarkan bila warga telah mengamankan satu dari dua pelaku pencurian HP di salah satu Counter HP di Pancor. Saat ditangkap, pelaku tidak dihakimi massa. ‘’Pelaku kini mendekam di sel tahanan Polres Lotim untuk proses hukum lebih lanjut. Sedangkan barang bukti berupa baju ganti dan sepeda motor Yamaha Vixion milik pelaku, juga kami amankan,’’ katanya.

Prayit menceritakan kronologis kejadiannya. Dimana, sebelum melakukan aksinya, dua orang pelaku datang ke Counter Iyan milik Zainuddin di wilayah Pancor menggunakan sepeda motor Yamaha Vixion. Tapi, yang turun dari motor adalah pelaku Hudi, sedangkan Zul tetap berada di motor yang masih dalam keadaan hidup.

Saat itu, memang suasana counter masih ramai. Tapi, pelaku baru mulai melancarkan aksinya ketika counter sudah dalam keadaan sepi. Pelaku langsung mengambil satu buah HP Nokia, setelah itu berpura-pura kencing ke belakang, dan melarikan diri.

Begitu pemilik counter mengecek HP-nya kurang satu, dan langsung mencurigai Zul yang berada di atas motornya. Karena tangan dan sepeda motornya dipegang, Zul pun dalam posisi terjepit dan tidak bisa melarikan diri. Belum sempat dipukul warga, keburu anggota polisi yang rumahnya tidak jauh dari TKP datang mengamankan pelaku, dan langsung menghubungi anggota Buser Polres Lotim untuk membawa pelaku ke Mapolres setempat.

‘’Pelaku diancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. Sedangkan pelaku yang melarikan diri itu adalah residivis yang baru beberapa bulan keluar dari penjara dengan kasus yang sama,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.